T-shirt dan Dampaknya Terhadap Lingkungan

by : Maggie Rudy Pranata
Posted : January 10, 2018
Jenis pakaian yang satu ini adalah yang paling umum dimiliki oleh orang-orang di seluruh dunia. Baik itu cewek atau cowok, muda sampai tua, pasti punya T-shirt di lemari pakaiannya. Tapi tahu nggak sih, ternyata sering gonta-ganti T-shirt bisa berdampak buruk terhadap lingkungan. Begini alasannya…
 
Bahan dasar pembuatan T-shirt adalah tanaman kapas. Negara penghasil kapas terbesar di dunia, antara lain India, Tiongkok dan Amerika.
 
Supaya bisa tumbuh dengan baik, tanaman kapas membutuhkan jumlah air dan pestisida yang besar. Jumlah air untuk pembuatan satu potong T-shirt kira-kira sebanyak 2.700 liter atau sama dengan jumlah air pada 30 bathtubs.
 
Sedangkan untuk penggunaan pestisida dan insektisidanya jauh lebih banyak daripada jenis tanaman lain. Padahal penggunaan pestisida dan insektisida yang berlebihan dapat berakibat buruk bagi lingkungan dan kesehatan para petaninya.
 
Serat-serat kapas yang sudah dipanen akan dipres dalam bentuk bal dan diproses hingga menjadi kain katun di pabrik-pabrik.
 
Salah satu proses menuju hasil kain katun siap pakai, yakni proses pewarnaan merupakan salah satu tahap yang bisa merusak lingkungan. Sebab, pemakaian azo dye sebagai bahan pewarna kain mengandung zat-zat, seperti cadmium (Cd), lead (Pb), chromium (Cr), dan mercury (Hg) ikut tercampur dalam limbah air pabrik dan sifatnya beracun bagi sungai dan pantai.
 
Tren fast fashion di zaman sekarang sangat memungkinkan bagi kita untuk sering gonta-ganti fashion item dan salah satunya adalah T-shirt. Maka, tidak mengherankan kalau fashion menduduki peringkat ke-2 sebagai penyumbang polusi terbesar di dunia setelah minyak.
 
Demi pelestarian lingkungan dalam jangka panjang, coba mulai sekarang kita lebih bijak dalam memilih dan menggunakan T-shirt. Contohnya, belanja T-shirt secondhand,  pilih T-shirt yang berbahan dasar organik, jangan mencuci T-shirt terlalu sering kalau tidak terlalu kotor, sumbangkan T-shirt bekas untuk yang membutuhkan atau pakai lagi T-shirt bekas menjadi kain lap.
 
Sekarang sudah tahu kan, alasan kenapa T-shirt bisa berdampak buruk kepada lingkungan. So, lebih peka untuk menyayangi bumi kita ya, girls!
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: www.pexels.com
 
 
Baca juga: Sedih! 4 Hewan Ini Terancam Punah di Tahun 2017

Topic

#trivia

polling

National Hugging Day - 21 Januari

Orang yang paling sering kamu peluk adalah..

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Sifatmu yang humoris selalu berhasil mencairkan suasana yang tegang di kelas. Tapi, perhatikan situasi dan kondisi.
Pisces

Pisces

Lebih besar pasak daripada tiang. Oh no!
Aries

Aries

Lagi romantis-romantisnya sama pacar,nih.
Taurus

Taurus

Lagi mudah terbawa perasaan. Makanya, emosimu jadi gampang berubah.
Gemini

Gemini

Terkadang kita harus memberi sedikit jarak agar dia sadar arti keberadaan kita.
Cancer

Cancer

Hubungan semakin awet karena kalian sangat santai menjalaninya.
Leo

Leo

Psst! Akan ada kejutan yang bikin kamu semakin sayang dia.
Virgo

Virgo

Saatnya untuk mulai melakukan hal yang ada di to-do-list.
Libra

Libra

Lagi berada di antara dua pilihan. Sebaiknya ikuti kata hati.
Scorpio

Scorpio

Asyik, dapat uang jajan tambahan, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Wah, hubungan dengan si dia mulai menjauh. Segara cari tahu penyebabnya!
Capricorns

Capricorns

Kondisi keuangan lagi berada di nominal paling tinggi.
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!