Tips Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

by : Ulva Rucita
Posted : July 18, 2017
Saat keramas, pastikan kamu memilih shampo yang cocok untuk jenis rambut berminyak , kering dan normal supaya tidak berdampak buruk pada rambut. Jika kamu memilih shampo, lebih baik terpisah dengan kondisioner. Buat kamu yang masih belum cocok dengan shampo sesuai jenis rambutmu, ayo cek di sini!
 
1.Jenis Rambut Berminyak
Buat kamu yang memilki rambut dan kulit kepala berminyak, lebih baik tidak menggunakan shampo yang banyak kandungan lemak, seperti  shampo 3 in 1 atau 2 in 1.
 
Soalnya hal itu malah bikin kulit kepala dan rambutmu jadi semakin berminyak sehingga akan berpotensi menimbulkan ketombe. Lebih baik gunakan shampo yang berlabel ‘clarifying’.
 
Shampo jenis seperti ini sangat efektif untuk membersihkan minyak pada rambut. Bisa juga gunakan shampo degnan kandungan mint atau lidah buaya untuk membantu mendinginkan kepala.
 
Tapi, kalau hanya bagian kulit kepala saja yang berminyak, maka sebaiknya pilih shampo untuk jenis rambut berminyak dan pilih kondisioner untuk jenis rambut kering. Hal ini berguna untuk menyeimbangkan kadar minyak di rambut dan kulit kepalamu.
 
Selain itu, cuci rambut dua hari sekali saja. Jangan setiap hari karena akan merangsang produksi minyak.
 
2.Jenis Rambut Kering
Rambut yang terlalu sering diwarnai atau dicatok bisa melemahkan struktur dari rambut dan akan menyebabkan kerusakan.
 
Untuk bisa memulihkan tersebut, disarankan untuk memilih jenis shampo dan kondisioner yang berfungsi melembapkan rambut.
 
Bisa juga gunakan jenis shampo dry therapy, yang mampu mengembalikan kelembapan rambut. Jangan lupa berikan perawatan dengan menggunakan deep conditioner seminggu sekali hanya pada bagian batang dan ujung rambut.
 
3.Jenis Rambut Normal
Untuk jenis rambut satu ini lebih mudah dan sederhana. Kamu bisa gunakan shampo jenis daily therapy supaya rambut bisa semakin lembut dan sehat.
 
Pastikan juga untuk keramas setiap tiga hari sekali. Hal ini dikarenakan rambut juga memerlukan sebum atau minyak sebasea, yang berguna untuk melapisi dan memproteksi rambut, sehingga rambut tidak pecah atau bercabang.
 
Editor: Ria Juwita - Foto:www.beauty.organicxbenefits.com
 
Baca Juga:  
 

Topic

#perawatanrambut