Perawatan Kulit Saat Berpuasa

by :
Posted : July 19, 2013

Saat berpuasa pastinya ada perubahan di tubuh kita. Salah satu yang sangat terlihat adalah pada kulit. Hmmm… kira-kira gimana caranya ya,  biar kulit tetap sehat selama bulan Ramadhan ini?

Kekurangan air dan nutrisi bisa jadi penyebab kulit kering dan kusam saat sedang berpuasa. Apalagi ditambah udara musim pancaroba yang tidak menentu. Kulit jadi semakin tersiksa. Oleh karena itu, yuk coba lakukan beberapa perawatan berikut ini:

  • Selama berpuasa, tubuh kekurangan cairan. Menurut Saptawati Bardosono, Staf Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, selama puasa kita dianjurkan banyak minum air putih. Pengaturannya adalah 2 gelas saat berbuka, 1 gelas saat makan malam, 2 gelas setelah makan malam, 1 gelas menjelang tidur, dan 2 gelas di saat sahur. Lengkapi juga dengan buah-buahan yang mengandung banyak air dan serat.
  • Jangan lupa sempurnakan kebutuhan nutrisimu dengan mengonsumsi vitamin.  Terutama vitamin A yang bisa mencegah kulit kering, vitamin C untuk menambah daya tahun tubuh serta vitamin E buat meremajakan sel-sel kulit.
  • Untuk mencegah bibir kering dan terkelupas, pakailah lip balm. Jika ingin yang lebih alami, kamu bisa oleskan madu pada bibirmu sebelum tidur. Lakukan rutin setiap hari, ya.
  • Agar kelembapan kulit tetap terjaga, oleskan lotion. Pilih jenis water base yang bisa meningkatkan kandungan air pada sel-sel kulit.
  • Scrub is a must! Kegiatan ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulitmu tetap halus dan lembut.
  • Usahakan mandi dengan air dingin. Terlalu sering mandi dengan air hangat akan mengangkat lapisan lemak pada epidermis kulit. Akibatnya kulitmu akan lebih cepat kering.
  • Minimalkan penggunaan sabun. Ternyata selain mengangkat kotoran, sabun juga bisa menghilangkan lemak dan minyak pada kulit. Sehingga kulit menjadi sangat kering. Coba selingi sabun muka dengan facial spray selama kamu berpuasa.
  • Pilihlah makeup yang tidak terlalu berat. Cukup pakai BB cream dan loose powder. Lengkapi dengan lip gloss agar wajahmu tidak terlalu pucat.

Nabila Delaseptina - Foto: doc. FeminaGroup


polling

Perawatan Kulit Saat Berpuasa

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.