4 Cara Mengatasi Gosip

by : Maria Nadia
Posted : March 9, 2016
Godaan bergosip memang sangat besar, apalagi saat kumpul sama teman-teman. Tapi, gimana kalau kita yang jadi bahan gosip? Cari tahu cara mengatasinya.
 
1. Klarifikasi
Langkah awal adalah memberi penjelasan kepada teman, keluarga ataupun guru mengenai rumor yang beredar. Terutama kalau gosip tersebut berefek fatal sampai mencemarkan nama baik. Nggak perlu sampai menjelaskan ke semua orang, kok. Cukup ke orang terdekat agar mereka mendapatkan informasi sebenarnya.
 
2. Cari Si Biang Gosip
Ada asap pasti ada api. Daripada capek menjelaskan ke semua orang yang bahkan nggak kita kenal, sebaiknya cari tahu awal mula gosip berasal. Kalau tahu sumbernya, kita bisa bertanya atau menegur baik-baik. Ingat, jangan overreacted, ya.
 
3. Pertahankan Imej Baik
Kenapa nggak boleh drama saat mendengar gosip atau tahu siapa Si Biang Gosip? Soalnya, ini bikin imej kita terlihat lebih buruk. Lebih baik menjaga sikap baik untuk menunjukkan bahwa gosip tersebut nggak benar. Lama-kelamaan orang-orang akan tahu kebenarannya, sehingga gosip nggak makin menjadi.
 
4. Jangan Terpengaruh
Jangan biarkan gosip tersebut merusak mental dan mengganggu aktivitas kita. Anggaplah gosip tersebut sebagai angin lalu. Seperti yang Taylor Swift bilang lewat lirik lagunya, haters gonna hate. Anggap saja mereka bergosip karena sedang bosan atau iri terhadap kita. Editor: Dian Nurlizta - Foto: Fotosearch