Pesan di Balik Amarah Ortu

by :
Posted : July 2, 2012

Setiap kali mama atau papa marah dan menghukum kita, rasanya sebel banget! Kita jadi bête dan ngambek sama mereka, karena bikin hari kita jadi sendu. Bahkan terkadang, kita balik marah dan membenci mereka. Padahal di balik amarah orangtua tersimpan beberapa pesan penting yang sering kita lewatkan, yaitu:

Kekhawatiran
Semua orangtua pasti punya naluri untuk melindungi anaknya. Makanya, mereka lalu bikin peraturan yang harus kita ikuti demi keselamatan dan kebaikan kita. Jadi, begitu kita melanggar aturan mereka, otomatis ortu merasa khawatir terjadi sesuatu yang nggak diinginkan terhadap diri kita.

Nasehat
Terkadang saking kesal atau takutnya melihat amarah ortu, kita nggak melihat bahwa ortu sebenarnya memberikan nasehat di balik kata-kata marahnya. Jadi, meskipun kita nggak suka dengan nada marahnya ortu, sebisa mungkin tangkap kata-kata/ pesan dari mereka.

Pembelajaran
Di saat ortu menghukum kita, sebenarnya mereka ingin kita belajar sesuatu dari kesalahan yang kita buat. Mereka ingin kita tahu bahwa selalu ada dampak dari setiap perbuatan yang kita lakukan. Jadi, kita harus siap menerima tanggung jawab dari segala tingkah laku kita.

Harapan
Saat memberikan hukuman atau serangan amarah, ortu berharap kita nggak akan mengulangi kesalahan yang sama. Ortu juga berharap kita akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Perhatian
Seharusnya kita bersyukur ortu marah sama kita karena itu artinya mereka masih memperhatikan kita. Coba kalau ortu nggak perhatian, apapun yang kita perbuat, mereka nggak akan peduli. Sehingga, kita pun nggak tahu apakah tindakan kita salah atau benar?

Kasih Sayang
Yap, percayalah selalu ada kasih sayang di balik amarah ortu. Coba kita datangi ortu ketika mereka sudah tenang, lalu minta maaf serta berjanji nggak akan mengulangi kesalahan. Pasti kita akan mendapatkan pelukan dan kalimat sayang dari ortu. Legita – Foto: FOTOSEARCH


polling

Pesan di Balik Amarah Ortu

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!