Etika Mudik ke Rumah Saudara

by : Dian Nurlizta
Posted : July 16, 2015
Nggak lengkap rasanya kalau merayakan Lebaran tanpa berkunjung ke rumah saudara. Apalagi, sebagian besar dari kita yang merayakan Idul Fitri pasti ikut mudik ke rumah nenek-kakek, keluarga besar atau saudara tertua. Supaya kunjungan tetap nyaman bagi kedua belah pihak, ada etika saat mudik yang harus kita perhatikan, nih.
 
Stay Cheerful
Meski capek karena menempuh perjalanan jauh, pastikan untuk tetap terlihat happy saat bertemu saudara, ya. Tanyakan kabar dan berikanlah senyum tulus bagi mereka yang menyambut kedatangan kita. Kesan baik pada pertemuan di awal mudik bisa mempengaruhi suasana mudik secara keseluruhan, lho!
 
Pakai Baju Sopan
Boleh saja berpakaian casual, tapi tetap sopan, ya. Terutama saat kita mudik ke tempat saudara yang berada di daerah pedesaan. Nggak cuma menghormati tuan rumah, tapi juga menunjukkan bahwa keluarga mendidik kita dengan baik. Lagipula, kalau cara berpakaian kita terlalu ekstrem atau mengikuti mode, pasti bisa jadi pusat perhatian para tetangga.
 
Tetap Minta Izin
Biasanya, kalau kita sudah dekat banget sama saudara, nggak ada rasa segan ketika berada di rumahnya. Tapi, jangan sampai kita dianggap lancang, karena melakukan sesuatu tanpa izin. Misalnya, menyalakan teve, mengambil makanan dan sebagainya. Tetap lakukan ini atas seizin mereka agar kita tampak sopan.
 
Bawa Keperluan Pribadi
Mudik jadi menyenangkan saat nggak ada pihak yang merasa kerepotan. Makanya, buat keluarga yang dikunjungi merasa nyaman saat kita mudik ke rumahnya. Kalau kita berniat menginap selama beberapa hari, bawalah peralatan pribadi, seperti sikat gigi, pembersih wajah dan sebagainya. Kalau kita tipe orang yang pemilih soal bantal, selimut atau lainnya, sebaiknya bawa cadangan dari rumah daripada rewel di sana.
 
No Bossy
Status kita sebagai tamu sering membuat tuan rumah memperlakukan kita seperti raja. Misalnya, nggak diperbolehkan membantu menyiapkan makanan dan sebagainya. Padahal, rasa kekeluargaan akan semakin kental saat kita ikut serta dalam kegiatan yang mereka lakukan. Cobalah untuk menghindari sikap bossy dengan melakukan beberapa hal dengan mandiri. Misalnya, membereskan peralatan makan sendiri setelah selesai makan. Editor: Fransiska Soraya – Foto: TPG News/ClickPhotos
 

polling

Etika Mudik ke Rumah Saudara

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!