5 Trik Memilih Ukuran Sepatu yang Tepat

by : Fransisca Andeska G
Posted : June 2, 2017
Mungkin kalian terbiasa membeli sepatu dengan ukuran pasti kaki kalian. Tapi tahu, nggak? Setiap model sepatu ternyata memiliki ukurannya masing-masing. Supaya nggak salah pilih ukuran saat membeli sepatu, kita lihat bagaimana cara menentukan ukuran sepatu yang nyaman untuk kaki, yuk!
 
Lebih dari 2.000 orang ternyata lebih mengutamakan memilih mode sepatu dibanding sisi kenyamanan kaki selama menggunakannya. Padahal ketika kita menggunakan sepatu yang ukurannya tidak tepat dengan kaki, kita bisa beresiko kurang nyaman ketika berjalan dan bisa mengubah bentuk kaki dan jari-jari pada kaki, lho.
 
Bila sejak awal sepatu yang kita pakai sudah terasa tidak nyaman, maka selamanya sepatu itu akan begitu. Ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa ketika kita sering menggunakan sepatu, nantinya sepatu itu akan menyesuaikan ukuran kaki kita. Padahal teori itu salah. Sepatu memang akan mengalami peregangan karena cara dari kita berjalan, namun hal itu tidak membuat sepatu mengalami pertambahan ukuran.
 
Tom Florsheim Jr., seorang pembuat sepatu dan pemilik perusahaan sepatu Florsheim Shoes, memberikan tips untuk memilih sepatu dengan ukuran yang tepat, yaitu:
 
1. Pilih Waktu yang Tepat
Ketika kalian ingin membeli sepatu, pilihlah waktu di malam hari. Karena ketika malam hari kaki kita mengalami perkembangan setelah seharian berjalan.
 
2. Beri Ruang Kosong
Pastikan ada ruang kosong sekitar 1,2 cm antara jari terpanjang kaki dengan ujung bagian dalam sepatu. Karena ketika kita berdiri, kaki akan bergeser ke arah depan, sehingga perlu ruang cukup untuk jari kaki.
 
3. Masukkan Jari Telunjuk ke Bagian Belakang Tumit
Hal ini berguna untuk memastikan apakah ada jarak antara kaki dengan ujung sepatu bagian belakang. Apabila jari telunjuk kita tidak mau masuk, pilihlah satu ukuran sepatu yang lebih besar.
4. Pakai Kaos Kaki  
Kalau kalian membeli sneakers, biasakan untuk mencobanya dengan memakai kaos kaki yang biasa kalian pakai.
 
5. Pilih Ukuran Kaki Terbesar
Bila kalian memiliki ukuran kaki yang berbeda antara kanan dan kiri, lebih baik pilih ukuran sepatu mengikuti ukuran kaki kalian yang lebih besar. Bila ukuran sepatu yang lain terlalu besar, kalian bisa menggunakan tambahan insole atau sol dalam sepatu.
 
Menggunakan sepatu yang ukurannya sesuai dengan kaki kita akan terasa lebih nyaman ketika digunakan seharian dan tidak akan menghambat pertumbuhan kaki serta membuat sepatu yang kalian miliki dapat bertahan lebih lama. Mulai sekarang pilih ukuran sepatu yang nyaman dan sesuai dengan kaki kita, ya!
 
Editor: Ria Juwita – Foto: www.huffingtonpost.com
 
Baca juga:

Topic

#trivia

polling

5 Trik Memilih Ukuran Sepatu yang Tepat

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!