Fake Optics, Lagu Baru Ardhito Pramono Tentang Gambaran Palsu ala Kaum Borjuis

by : Theyta van Broekema
Posted : June 17, 2018
Musisi ganteng berkacamata yang satu ini memang sedang menarik perhatian para pencinta musik jazz, nih. Belum lama ini, Ardhito Pramono baru saja merilis single yang berjudul Fake Optics pada akhir April lalu. Ternyata, lagu ini memiliki makna yang dalam, lho! Kira-kira, apa ya cerita di balik single Fake Optics ini?

Genre musik jazz memang sering diartikan sebagai genre yang mempunyai banyak cerita. Ternyata, dengan alasan yang itu lah Ardhito Pramono, yang akrab disapa sebagai Dhito, memilih genre jazz sebagai inti dari karier bermusiknya.

“Lewat genre jazz ini aku jadi lebih bisa bercerita. Dan memang ini inti dari genre jazz, yaitu story telling. Tapi, aku nggak fokus dengan satu sub-genre jazz saja. Banyak sub-genre lainnya yang masih dan perlu aku eksplorasi,” ungkap cowok yang juga seorang creative planner dan music director ini.

Dhito juga baru saja merilis lagu yang berjudul Fake Optics pada bulan April lalu, lho. Dia bercerita bahwa lagunya ini, ia tulis berdasarkan pengalaman pribadi tentang kehidupan temannya yang penuh kepalsuan.

Fake Optics ini jatuhnya jadi single pertama aku, sih. Lagu ini sendiri terinspirasi dari kisah kehidupan aku dulu yang sering bergaul sama orang-orang kaum borjuis. Aku tersadar setelah ada salah satu sahabatku yang benar-benar berubah and turn out to be really fake. Nah,  ternyata dia kasih aku fake optics atau gambaran palsu,”  aku cowok yang dulunya kuliah di jurusan perfilman ini.

Untuk durasi pembuatannya, ternyata cowok yang belajar instrumen musik secara otodidak ini hanya membutuhkan waktu sehari, lho. Keren banget!
Dengan aransemen lagu yang bernuansa jazz penuh dengan iringan piano dan suara merdunya, cowok yang pernah duet bersama Prilly Latuconsina ini mengaku bahwa dia sendiri yang menulisnya.

“Saat membuat lagu, aku memang nggak perlu waktu lama-lama. Kalau nggak ada inspirasi, ya tinggal liburan atau berdiam diri di rumah, karena rumahku nyaman banget. Biasanya, kalau ada ide, aku langsung rekam dengan handphone. Nantinya, dari bahan dasar itu yang aku olah,” kata kelahiran 22 Mei 1995 ini.

Sebelumnya, penyanyi yang bermimpi menjadi musisi semenjak SD ini memang sudah banyak  membuat lagu. Salah satunya adalah soundtrack dari film Susah Sinyal (2017) yang berjudul Bila (2017).

Saat berbicara mengenai perbedaan tentang membuat lagu untuk single dan soundtrack, Dhito berkata yang beda itu pasti formula atau rumusnya. “Untuk soundtrack, harus ada momen yang bisa menyentuh pendengar, seperti formula dari lagu-lagunya Disney. Kalau bikin lagu untuk single sendiri, seperti Fake Optics ini, kita nggak dituntut apa-apa, jadi lebih bebas.”

Melalui single pertamanya ini, Dhito berusaha menyampaikan suatu pesan untuk jangan melakukan kesalahan yang sama seperti dirinya dalam berteman dan jangan membuang-buang waktumu untuk sesuatu yang nggak berguna. Wah, dalam ya, pesannya!

By the way, kamu sudah mendengarkan lagunya belum? Kalau belum, kamu bisa nonton MV-nya di bawah ini, ya!















Editor: Ria Juwita - Foto: Zaki Muhammad

Baca juga:

Topic

#MusicUpdate , #ArdhitoPramono

polling

Fake Optics, Lagu Baru Ardhito Pramono Tentang Gambaran Palsu ala Kaum Borjuis

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!