KimoKal, New Electronic Pop Duo from Indonesia

by : Filani Olyvia
Posted : February 7, 2016
Setelah tampil memukau sebagai opening act dalam konser perdana duo R&B Rhye di Jakarta pada akhir 2015 lalu, KimoKal akhirnya resmi merilis album perdana mereka. And, it’s a total breakthrough!
 
Sebelum resmi merilis album berjudul O pada 16 Januari 2016 lalu, duo elektronik pop beranggotakan Kimo dan Kallula ini mungkin sudah lebih dulu dikenal lewat singel berjudul Under Your Spell dan Adiamo. Video klip Under Your Spell yang dibintangi salah satu model top Indonesia, Widika Sidmore, telah mencuri perhatian lebih dari 8.000 penonton. Begitu pun musik mereka.
 
Kimo, selaku music director, mengaku pengin menciptakan genre musik pop baru lewat musik yang ia ciptakan bareng Kallula ini. “Kebetulan influence music terbesar gue sendiri datang dari musik-musik disco di era ‘60 dan ‘70-an. Jadi, musik Kimokal dibuat dengan mood musik elektronik bertempo pelan. Orang-orang bisa keep dancing mengikuti temponya, sambil menikmati sentuhan vokal Kallula yang nggak justru agak nge-rock,” terang Kimo.
 
Hal ini jugalah yang akhirnya membuat Kallula, yang awalnya tergabung dalam band electronic rock LCDTrip, mau menulis lirik sekaligus bernyanyi buat KimoKal. “Waktu gue dengar refrain lagu Under Your Spell buat pertama kali, gue langsung dapat inspirasi buat bikin liriknya saat itu juga. Gue cuma mencoba jujur lewat lirik lagu yang gue tulis,” tambah cewek bernama lengkap Kallula Harsyntha itu.
 
Album perdana berisi 10 track baru ini rencananya akan dirilis dalam dua edisi, yaitu deluxe edition dan standard edition. Bedanya, di album deluxe edition pendengar  bisa mendapat booklet berisi 17 halaman foto-foto spread art karya seniman muda Kinez Riza dan puisi-puisi karya Kallula. Deluxe edition ini sengaja dibuat agar KimoKal bisa mewujudkan mimpi mereka untuk menjual album mereka hingga pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia dan Jepang, bahkan Inggris.
 
Yang penasaran dan pengin segera punya album deluxe edition O, bisa langsung mampir ke toko buku Aksara terdekat. Atau beli secara online di store.doubledeermusic.com dan www.bobobobo.com. Editor: Fransiska Soraya - Foto: Tody Harianto