PwC Minta Maaf Soal Kesalahan Amplop di Oscar 2017

by : Ria Juwita
Posted : February 28, 2017
Siapa di antara kamu yang kemarin juga mengikuti keseruan Oscar 2017? Pasti tahu dong, bahwa saat itu ada momen kesalahan pengumuman pemenang? Bahkan, sesaat setelah momen salah baca tersebut terjadi, langsung beredar banyak meme tentang kejadian itu. Nah, terkait kesalahan fatal tersebut, pihak PwC memberi pernyataan maafnya, nih!
 
PwC yang merupakan singkatan dari PricewaterhouseCoopers adalah sebuah perusahaan yang selama 83 tahun terakhir selalu dipercaya untuk menghitung suara penentuan kemenangan dari setiap kategori di Oscar atau Academy Awards. PwC biasanya dibantu oleh tim kecil mereka yang menghitung surat suara elektronik maupun kertas dari 7.000 anggota Academy of Motion Pictures Arts, yang merupakan tim penilainya.
 
PwC berjanji akan menginvestigasi kesalahan tersebut. Lewat akun Twitter-nya, @PwC_LLP, mereka meminta maaf kepada banyak pihak dan menjelaskan mengapa kejadian tersebut bisa terjadi. “PwC bertanggung jawab secara penuh atas kesalahan yang terjadi di Oscar 2017. PwC partner, Brian Cullinan, telah salah memberi amplop kepada Warren Beatty dan Faye Dunaway. Kami benar-benar minta maaf kepada para pemain dan kru film Moonlight, La La Land, Warren Beatty dan Faye Dunaway yang mengumumkan pemenang, The Academy, juga kepada seluruh penonton Oscar 2017 atas kesalahan yang terjadi saat pengumuman pemenang Best Picture,” ungkap PwC.
 
Sejak kejadian tersebut, banyak foto yang tersebar di internet dan menunjukkan bahwa sejak awal, Warren Beatty dan Faye Dunaway memang membawa amplop yang bertuliskan “Actress in a Leading Role”, bukan “Best Picture”. Kategori yang seharusnya diumumkan.
 
Bersama dengan rekannya, Martha Ruiz, Brian Cullinan -supervisor PwC- yang ikut terlibat di perhitungan suara. Dan, hanya mereka berdua yang tahu daftar pemenang Oscar hingga diumumkan di atas panggung. Beberapa hari sebelum Oscar 2017 digelar, Brian dan Martha sempat memberi tahu sistem pengumuman pemenang yang biasa mereka lakukan.
 
Setelah menghitung suara, mereka berdua sendiri yang memasukkannya ke amplop, mengecek dan menyegelnya. Amplop-amplop yang berisi hasil para pemenang itu pun bahkan dimasukkan ke brankas. Di hari H Oscar, mereka membawa amplop tersebut yang dipindahkan ke dalam koper dan pergi secara terpisah ke venue Oscar dengan penjagaan ketat. Masing-masing dari mereka berdiri di bagian kanan dan kiri panggung, bersiap untuk memberi amplop ke presenter yang akan mengumumkan, sesaat sebelum mereka naik panggung.
 
Sesaat sebelum tragedi terjadi, Tim Ryan, bos PwC untuk AS, yang menonton Oscar dari ruangan khusus di Dolby Theater, melihat bahwa dua karyawannya berada di atas panggung. “Aku merasa ada yang tidak beres. Karena berada di atas panggung bukanlah bagian dari pekerjaan mereka,” ujarnya.
 
Meski PwC sudah meminta maaf, banyak yang berpikir bahwa kesalahan juga berada di pihak The Academy of Motion Pictures Art and Science, yang sudah membuat desain penulisan yang membingungkan di amplop pengumuman. Untuk Oscar 2017, amplopnya didesain berwarna merah dan ditulis dengan huruf berwarna emas, bukan amplop berwarna emas dan tulisan dengan warna yang lebih gelap. Hal ini bikin tulisan kategori yang tertera di amplop jadi sulit terbaca dengan jelas.  
 
Masih penasaran seperti apa kejadiannya? Tonton di sini, ya!
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok.PwC, Dok. Twitter @PwC_LLP, www.theguardian.com, www.cnn.com
 

polling

PwC Minta Maaf Soal Kesalahan Amplop di Oscar 2017

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.