5 Kebiasaan Kecil yang Berbahaya

by : Windy Yunika
Posted : November 3, 2015
Serangkaian aktivitas yang kita lakukan sehari-hari akan menentukan kesehatan kita. Kalau diimbangi dengan pola makan, olahraga dan istirahat cukup, maka kesehatan sudah di tangan. Tapi, banyak kebiasaan kecil yang luput dari perhatian kita dan berbahaya buat kesehatan. Apa saja, sih?
 
1. Kantong teh terendam lebih dari 2 menit.
Jika kantong teh terendam lebih dari dua menit, kita membiarkan kantong teh tersebut mengeluarkan kandungan yang memincu kanker. Kandungan ini berasal dari proses pemutihan bahan kantung. Memang tidak muncul dalam jumlah banyak, tapi kalau melakukannya setiap hari, zat tadi akan menumpuk di badan kita.
 
2. Membunyikan ruas jari.
Menurut sebuah studi dengan 300 partisipan yang dipublikasikan di Journal of Manipulative and Physiological Therapeutics, aktivitas ini memicu kerusakan persendian. Kebiasaan membunyikan ruas jari juga mengakibatkan kerusakan lain, seperti kerusakan jaringan lunak hingga lemahnya daya cengkram tangan.
 
3. Membakar lilin aromaterapi.
Lilin beraroma akan mengeluarkan zat beracun, seperti karbon monoksida, benzene, dan karbon. Zat-zat tadi meningkatkan risiko kanker, penyakit saraf dan mental, alergi dan asma. Wewangian yang terkandung juga mengandung acetone, benzyl acetate, benzyl alcohol, linalool dan methylene chloride. Menghirup zat-zat tersebut menyebabkan perasaan mual, kelainan sistem saraf pusat, iritasi mulut, tenggorokan, mata, kulit, paru-paru dan sakit pernapasan. Solusinya, pilih lilin berbahan dasar kedelai organik atau gunakan pewangi elektronik.
 
4. Minum dari mug yang pecah ujungnya.
Kenapa berbahaya? Karena pecahan ini menjadi sarang bagi bakteri yang bisa membuat kita terjangkit muntaber! Selain itu, remah-remah pecahan keramik yang mengandung bahan kimia akan langsung masuk ke dalam tubuh. Jadi, langsung buang semua mug yang sudah rusak, ya.
 
5. Makanan berbungkus plastik hitam.
Membiarkan makanan bersentuhan langsung dengan plastik hitam bisa membahayakan. Plastik hitam dihasilkan dari daur ulang berbagai macam limbah plastik, terutama limbah rumah sakit. Nggak itu saja, pewarna yang ada di plastik tadi bisa menempel di makanan kita dan menjadi pemicu kanker. Editor: Dian Nurlizta - Foto: Arman Zhenikeyev/Corbis/ClickPhotos

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!