3 Tipe Eating Disorder

by :
Posted : November 29, 2013

Sebagian besar cewek ingin jadi kurus. Sayangnya, nggak semua memakai cara sehat untuk kurus. Sebagian justru merusak badan sendiri. Salah satunya dengan memaksakan suatu pola makan yang akhirnya membuat kita memiliki gangguan makan atau eating disorder. Kalau diteruskan dan nggak segera ditangani, ini bisa membahayakan kesehatan kita, bahkan mengancam hidup kita, lho.

Eating disorder sebenarnya adalah tanda nggak harmonisnya hubungan kita sama makanan. Nggak cuma kesehatan fisik yang bakal terganggu, tapi juga kesehatan emosional. Kita jadi lebih sensitif dan mudah tersinggung masalah berat badan dan makanan.  Berikut tiga tipe eating disorder yang banyak ditemui pada remaja seperti kita.

Anoreksia
Gangguan makan ini biasanya ditandai dengan hilangnya berat badan yang ekstrim, karena diet dan olahraga berlebihan, seringnya sampai membiarkan tubuh kelaparan. Pasalnya, penderita anoreksia nggak pernah merasa cukup kurus. Makanya, kita bakal terus olahraga dan beraktivitas, tapi hampir tidak makan sama sekali.

Gejala: Memakai baju kebesaran untuk menutupi berat badan sebenarnya, tidak pernah  terlihat makan di depan umum, sakit perut yang tak tertahankan sampai berhenti menstruasi.

Bulimia
Ketika mengalami eating disorder ini, kita tetap makan, bahkan makan justru lebih banyak daripada biasanya. Tapi, setelah makan, penderita bulimia umumnya langsung memuntahkan kembali makanannya. Bulimia juga biasanya identik dengan perasaan hilang kendali terhadap makanan.

Gejala: Pergi ke toilet setelah makan, sering menggunakan pengharum mulut atau mouthwash, makan secara sembunyi-sembunyi adalah beberapa indikasi terserang bulimia.  

Binge Eating Disorder (BED)
Untuk kelainan makan yang ini, penderita biasanya makan secara berlebihan terus menerus dan seperti nggak bisa mengontrol keinginan untuk makan. Makanan yang dikonsumsi juga biasanya dalam jumlah besar. Bedanya dengan bulimia dan anoreksia, penderita BED nggak berolahraga ataupun memuntahkan makanannya. Makanya, penderita BED biasanya gemuk atau mengalami obesitas.

Gejala: Menyembunyikan makanan di berbagai tempat, sering diet tapi berat badan tidak pernah turun adalah tanda-tanda seseorang terkena BED. Marissa- Foto: Sverre Haugland/Image Source/Corbis

polling

HUT Jakarta

Apa yang terbersit di benakmu saat mendengar kata "Jakarta"?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.