3 Cara Ini Bisa Mengatasi Bullying Dalam Berbagai Kondisi!

by : Priska Zahra
Posted : April 5, 2017
Dalam buku Barbara Coloroso, yakni Kids Are Worth It! (1994), bullying bisa dibagi dalam empat jenis, yaitu verbal, elektronik, fisik dan relasional. Namun, kalau keempat bullying ini nggak diatasi dengan benar, maka yang terjadi bisa jauh lebih buruk, lho. Karena itu, GADIS punya tips menghadapi bullying dengan berbagai macam kondisi!
 
1. Cyber Bullying
Banyaknya socmed yang punya berbagai fungsi, jadi tempat yang mudah buat para pelaku cyber bullying. Seperti halnya salah satu kasus yang pernah terjadi di AS, Rebecca Sedwick terpaksa mengakhiri hidupnya dengan melompat dari sebuah gedung pada tahun 2013 lalu. Ia dihina, diancam, dipaksa untuk bunuh diri oleh para pelaku melalui akun Facebook miliknya.
 
Handle with
Pertama, coba cek perlahan-lahan socmed kita. Sadari kalau socmed itu adalah tempat umum. Sehingga image kita harus terlihat baik. Jangan pernah menampilkan status yang memancing orang lain untuk mem-bully. Selain itu, amankan semua informasi pribadi. Soalnya, pelaku bullying itu bisa melakukan hal buruk hanya dengan mengetahui data informasi kita, lho.
 
2. Dikucilkan
Karakteristik korban bullying biasanya pemalu, sulit berteman atau sifatnya yang nyebelin. Sehingga, nggak heran kita sering dikucilkan oleh suatu kelompok. Parahnya, karena dikucilkan ini, kita jadi nggak punya teman, bahkan hilang semangat lagi buat ke sekolah. 
 
Handle with
Introspeksi diri adalah hal penting! Cobalah cari tahu alasan kita dikucilkan oleh teman-teman. Mungkin memang kita yang harus memperbaiki diri. Terutama jika kita ada di lingkungan baru. Terus tampil percaya diri dan yakinkan mereka kalau kita memang pantas diterima. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan, ya.
 
3. Digosipin
Nggak ada sebab tanpa akibat. Kondisi kita digosipkan pasti ada alasannya. Bisa saja karena orang itu memang kesal dan nggak suka sama kita alias iri. Apapun yang kita lakukan selalu salah di hadapannya. 
 
Handle with
Ajak si pem-bully bicara baik-baik. Berani bilang padanya dan hadapi dengan percaya diri. Jangan pernah merasa takut untuk kalah. The most important thing kita harus berani speak up dan standing by yourself bahwa kita nggak pantas untuk di-bully. Jika dia nggak berubah juga dan mulai keterlaluan, bicara dengan orang terdekat atau yang kita percaya dan lebih dewasa, seperti kakak, orangtua atau guru BP yang bisa memberi saran untuk masalah bullying ini.
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: www.affinitymagazine.us
 
Baca juga:

Topic

#lifehacks

polling

Hari Media Sosial - 10 Juni

Media sosial apa yang paling sering kamu gunakan?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.