4 Makanan Khas Lebaran

by :
Posted : July 29, 2014

Lebaran memang hari yang paling ditunggu-tunggu. Silahturahmi, saling memaafkan, dan makan-makan sudah jadi tradisi kita saat lebaran. Ayo siapa yang ikut bantuin mama masak untuk lebaran? Ternyata ada beberapa fakta seru nih dari makanan lebaran yang biasa kita makan ini.

Ketupat

Nggak lengkap rasanya Lebaran tanpa ketupat. Ternyata ada filosofi tersendiri lho di balik ketupat dan makna Lebaran. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih dianggap mencerminkan perjalanan hidup kita.  Perjalanan kita akan selalu diselingi oleh kesulitan dan masalah. Jadi, hal yang wajar jika kita melakukan kesalahan. Selain itu tali yang tidak putus pada anyaman ketupat menggambarkan pentingnya silahturahmi. Ketupat yang dibelah dan terlihat warna putih beras di dalamnya menjadi lambang suci dan bersihnya hati manusia setelah saling memaafkan dan mengakui kesalahan dengan tulus.

Rendang
Rendang adalah makanan asli Sumatra Barat dan sudah terkenal ke seluruh dunia. Rendang menjadi makanan terenak di dunia versi CNN International pada 2011. Rendang juga dinobatkan sebagai “The Most Balanced Food” dalam acara LA Travel & Adventure show. Rendang memiliki ciri khas yang unik, yaitu bisa bertahan selama tiga bulan tanpa dipanaskan.

Semur
Meskipun jadi makanan khas Lebaran, semur ternyata berasal dari penjajah Belanda lho. Soalnya di jaman penjajahan, semur dijadikan sebagai menu utama perjamuan bangsa Belanda. Tahu nggak ternyata nama semur ini berasal dari Bahasa Belanda lho. Semur berasal dari kata “Smoor”, yang artinya masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

Kastengel dan nastar
Ini dia kue khas lebaran favorit kita. Ternyata dua kue kering berasal dari Belanda. Di belanda kastengel dan nastar biasanya ada pada hari perayaan Natal. Kastengel berasal dari kata “kaas” dan “Stengel”. Kaas artinya keju, sedangkan Stengel artinya batangan. Karena bentuknya yang kecil seperti batang makanya disebutlah kastengel.

Sama seperti kastengel, kata nastar juga berasal dari Bahasa Belanda, yaitu “ananas” (artinya nanas) dan “tart” (artinya kue tar). Nastar sendiri memiliki arti kue nanas. Selain untuk perayaan Natal dan Lebaran, ternyata nastar juga wajib ada pada perayaan Imlek.  Dalam bahasa China Hokkian, nastar dapat diartikan sebagai “kemakmuran datang kemari” atau rezeki dan keberuntungan datang. Rasa manis dan warna emasnya dari isi nastar ini melambangkan rezeki yang manis dan melimpah. Momon-Foto: www.crackberry.com


polling

4 Makanan Khas Lebaran

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!