4 Pejuang Hak Perempuan

by :
Posted : April 17, 2015

Ibu Kartini terkenal sebagai cewek yang berhasil memperjuangkan kesetaraan khususnya dalam bidang pendidikan. Karena jasanyalah, kita bisa sekolah seperti sekarang. Nah, selain Ibu Kartini, siapa lagi ya yang sudah memperjuangkan hak kaum cewek?

Millicent Garrett Fawcett


Millicent Garrett Fawcett adalah seorang feminis yang memperjuangkan hak pilih kaum cewek. Aksinya dalam memperjuangkan hak pilih ini dipengaruhi oleh suaminya, Henry Fawcett yang merupakan seorang pengacara hak-hak perempuan. Millicent merupakan seorang pemimpin faksi yang mendukung gerakan hak pilih perempuan bersama dengan partai-partai politik. Akhirnya, pada tahun 1897, Millicent berhasil memperjuangkan hak pilih kaum cewek bersama dengan National Union of Women's Suffrage Societies (NUWSS) dan diangkat menjadi presiden NUWSS pada tahun 1907.











Margaret Sanger


Margaret Sanger adalah cewek berpendidikan yang bekerja sebagai perawat dan terkenal sebagai pendukung program keluarga berencana dan kesehatan perempuan. Dalam penelitiannya bersama perempuan di Lower East Side, New York, ia menyadari buruknya dampak dari kehamilan yang tidak diinginkan. Pada 1912, ia berhenti bekerja sebagai perawat dan mendedikasikan dirinya sebagai pendukung program keluarga berencana. Ia menulis artikel mengenai kesehatan untuk Socialist Party yang dipublikasikan dengan judul What Every Girl Should Know pada tahun 1916, dan What Every Mother Should Know pada tahun 1917.











Gloria Steinem


Gloria Steinem adalah seorang jurnalis, editor, dosen, juga pengurus organisasi pejuang hak-hak wanita. Gloria mengawali karir dalam bidang jurnalistiknya di New York. Tulisannya yang paling dikenal adalah investigasinya saat bekerja di klub Playboy untuk membongkar apa yang sebenarnya terjadi. Nggak hanya aktif sebagai jurnalis, ia juga aktif sebagai aktivis. Bersama aktivis lain, Bella Abzug dan Betty Friedan, ia mendirikan National Women’s Political Caucus (NWPC) pada 1971. NWPS adalah sebuah organisasi yang didedikasikan agar kaum cewek lebih banyak berpartisipasi dalam bidang politik.











Emma Watson


Siapa sih yang nggak kenal Emma Watson? Aktris asal Inggris yang beken lewat perannya sebagai Hermione di film Harry Potter ini ternyata termasuk salah satu cewek yang aktif memperjuangkan hak perempuan lho. Dia menjadi UN Women Goodwill Ambassador yang salah satu proyeknya adalah persamaan gender dengan mendukung gerakan HeforShe milik PBB. Pidatonya di markas besar PBB di New York tahun 2014 lalu berhasil menginspirasi banyak orang di dunia.













Rininta - Foto: www.womenshistory.about.com, www.collider.com, www.justsammthing.com

Banyak lho wanita-wanita yang hebat dari jaman dulu, klik di sini untuk baca artikelnya.

polling

National Pancake Day! (27 Februari)

Apa topping favoritmu saat makan pancake?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!