4 Bahaya Minyak Aromaterapi yang Harus Diwaspadai

by : Fransisca Andeska G
Posted : July 6, 2017
Minyak aromaterapi sudah dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menenangkan pikiran dan dapat menyegarkan tubuh. Minyak aromaterapi juga biasa digunakan untuk diaplikasikan sebagai minyak facial pada wajah. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa manfaat dari minyak aromaterapi ini dapat memberikan efek positif, seperti mengurangi rasa sakit, cemas dan dapat meningkatkan memori.
 
Namun, menurut Brent A. Bauer, Internal Medicine Doctor dan Direktur Mayo Clinic Complementary and Integrative Medicine Program mengatakan jika penggunaan minyak aromaterapi ini dapat memberikan efek negatif. Seperti berikut ini:
 
1. Membuat Kulit Mudah Terbakar
Ternyata, di balik khasiatnya yang dapat menenangkan pikiran, minyak aromaterapi dapat meningkatkan kesensitifan kulit terhadap paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama.
 
Disarankan untuk tidak menggunakan minyak aromaterapi yang mengandung akar angelica, bergamot, jinten, lemon atau jeruk pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari. Karena kulit kamu akan lebih rentan terbakar sinar matahari.
 
2. Menimbulkan Iritasi pada Kulit
Salah satu efek negatif dari penggunaan minyak aromaterapi adalah terjadinya iritasi kulit atau reaksi alergi pada kulit. Reaksi ini akan menimbulkan munculnya ruam kemerahan, gatal dan panas. Tapi, beruntung bagi kamu yang memiliki kulit tidak mudah sensitif. Karena itu, sebelum kamu ingin menggunakan minyak aromaterapi, ada baiknya untuk mengoleskan sedikit minyak aromaterapi pada kulit. Lalu, kamu dapat melihat reaksi yang ditimbulkan dari minyak aromaterapi tersebut. Apabila setelah dioleskan terjadi reaksi kemerahan, gatal dan rasa panas di kulit, sebaiknya kamu hentikan pemakaian minyak aromaterapi.
 
3. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung
Wangi yang dihasilkan oleh uap aromaterapi memang terbukti dapat mengurangi stress. Tapi menurut penelitian yang dipublikasikan oleh The European Journal of Preventive Cardiology, ternyata uap yang dihasilkan dari minyak aromaterapi ini dapat membahayakan kesehatan, lho!
 
Penelitian ini dibuktikan dengan melibatkan hampir 100 pekerja spa di Taipei, yang diminta untuk berada di sebuah ruangan dan menghirup uap minyak esensial jeruk selama dua jam. Peneliti mengamati dan menghitung tekanan darah serta detak jantung selama dua jam dan terbukti bahwa terlalu lama menghirup aromaterapi dapat meningkatkan resiko rusaknya jantung secara perlahan.
 
4. Menimbulkan Masalah Pernapasan
Kandungan Volatile Organic Compound (VOC) atau bahan organik yang mudah menguap dari bentuk cairan yang terkandung dalam minyak aromaterapi ini akan berdampak buruk pada fungsi sistem saraf dan menimbulkan reaksi alergi pada saluran pernapasan apabila kamu menghirupnya.
 
Karena itu, bagi kamu yang memiliki penyakit asma serta rentan terhadap perdarahan hidung, ada baiknya tidak menggunakan minyak aromaterapi.
 
Editor: Ria Juwita – Foto: www.essentialoilsbest.com
 
Baca juga:

Topic

#hidupsehat

polling

4 Bahaya Minyak Aromaterapi yang Harus Diwaspadai

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!