4 Bukti Terlalu Lama Gunakan Sandal Jepit Berisiko Untuk Kesehatan

by : Fransisca Andeska G
Posted : May 2, 2017
Sandal jepit adalah salah satu alas kaki yang sering digunakan karena terasa nyaman. Namun di balik itu, sandal jepit ternyata bisa beresiko bagi kesehatan kaki kita, lho! Menurut para dokter ortopedi Mount Sinai School of Medicine, New York City, AS, sandal jepit yang terbuka dan beralas datar menyimpan beberapa risiko. Ini beberapa diantaranya!
 
1. Sandal Jepit Mengundang Banyak Bakteri
Ternyata alas kaki yang terbuka seperti sandal jepit ini membuat kaki lebih banyak mengalami interaksi dengan udara dan tanah. Hal itu menyebabkan bakteri dan kuman-kuman lebih mudah menempel pada kaki. Salah satu bakteri yang berpotensi menginfeksi kaki adalah Staphylococcus aureus, bakteri normal yang berada pada kulit kita. Tapi, jika jumlah bakteri ini berlebihan, maka dapat menimbulkan infeksi pada kulit.
 
Jika kaki kamu memiliki luka yang terbuka atau luka yang cukup parah, bakteri yang bersembunyi di karet sandal ini akan masuk melalui aliran darah dan menyerang bagian organ internal, sehingga menyebabkan luka bernanah yang sulit sembuh. Maka dari itu, segera bersihkan kaki kalian setelah menggunakan sandal jepit, terutama saat berada di luar rumah, ya.!
 
2. Berisiko Mengubah Struktur Jari Kaki
Memakai sandal jepit secara rutin dalam jangka waktu lama dapat mengubah struktur jari kaki, terutama pada ibu jari. Bentuk pengait pada sandal yang berbentuk Y ini membuat ibu jari dan jari-jari kaki mencengkeram lebih erat ketika sedang berjalan. Ujung jari-jari kaki ini menjadi tumpuan tubuh sehingga menyebabkan otot bekerja lebih keras. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus akan memicu pembengkokan pada ibu jari kaki dan ketegangan pada jari-jari dan pergelangan kaki.
 
3. Menyebabkan Tumit Mengalami Cedera
Biasanya high heels memiliki potensi lebih besar dalam menyebabkan cedera pada tumit. Tapi sandal jepit juga memiliki risiko membuat tumit cedera, lho. Disebabkan oleh bantalan sandal karet yang tipis, hal tersebut membuat seluruh permukaan bawah kaki lebih menahan beban tubuh ketika berjalan dan tumit akan mengalami tekanan yang berlebih. Akibatnya tumit bisa mengalami plantar fasciitis, yaitu kondisi tumit kaku dan nyeri juga mengalami peradangan pada jaringan bawah kaki.
 
4. Kurang Aman Digunakan Untuk Berjalan
Sandal jepit yang biasa dipilih sebagai alternatif untuk digunakan ketika sedang berjalan jauh ini ternyata tidak aman ketika digunakan. Bentuk sandal yang tipis dan datar membuat kaki lebih mudah terkilir karena struktur sandal yang ringkih tidak dapat menopang tubuh dengan sempurna. Selain itu, bahan karet pada sandal jepit ini bisa berubah menjadi licin ketika digunakan dalam keadaan basah, sehingga membuat kamu mudah terpeleset ketika berjalan.
 
Editor: Ria Juwita – Foto: www.runnative.com
 
Baca juga:

Topic

#hidupsehat , #trivia

polling

4 Bukti Terlalu Lama Gunakan Sandal Jepit Berisiko Untuk Kesehatan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!