4 Cara Menghadapi Peer Pressure

by : Chalsy Febrina Aditya
Posted : June 26, 2018
Sebagai remaja, hubungan pertemanan sering menjadi salah satu prioritas penting dalam kehidupan. Pandai bergaul dan memiliki banyak teman memang memberikan banyak keuntungan. Tapi terkadang, karena terlalu ingin menjadi bagian dari suatu kelompok, kita sering mendapatkan tekanan untuk mengikuti tindakan dari teman sekitar. Tekanan tersebut disebut dengan peer pressure. Peer pressure bisa berupa hal positif maupun negatif. Yuk, coba baca cara menghadapi peer pressure di bawah ini!
 
Berani Berpendapat
Peer pressure yang bersifat positif seperti tekanan untuk meningkatkan prestasi bisa kita ikuti selama nggak terlalu membebani diri kita, ya! Tetapi tekanan yang mengarahkan untuk bertindak negatif harus kita hindari, nih.
 
Dalam hubungan pertemanan, kita harus berani berpendapat dan berani berkata “tidak” kalau memang kita nggak ingin melakukan hal tersebut. Jangan melakukan sesuatu hanya untuk membuat senang teman-teman, ya! Menjadi orang yang berprinsip tinggi bakal bikin orang lain respek sama kita, lho!
 
Memiliki Self-control
Sebagai remaja cerdas, kita dituntut untuk berpikiran terbuka dalam segala hal, termasuk berteman. Nggak ada salahnya kok, mencoba hal baru dan mengikuti tindakan orang lain. Tetapi kita tetap harus punya self-control ya!
 
Sebelum melakukan sesuatu, ada baiknya kita berpikir terlebih dahulu dampak ke depannya untuk diri kita. Jangan sampai karena peer pressure kita sampai melewati batas-batas yang telah kita buat.
 
Perluas Wawasan dan Lingkungan Bermain
Menghadapi peer pressure negatif dari teman sekitar bisa dilakukan dengan memperluas wawasan dan lingkungan bermain kita, lho! Kita dapat mencari hal baru yang dapat menarik perhatian dan mengasah kemampuan kita.
 
Dengan mencoba berbagai macam hal, nantinya bakal bikin kita punya banyak kenalan baru yang mungkin saja nggak akan bikin diri tertekan. Jadi, nggak usah takut kehilangan teman dan cobalah untuk berteman dengan semua orang, ya!
 
Meningkatkan Kepercayaan Diri
Salah satu alasan utama terpengaruh peer pressure adalah karena kurangnya rasa percaya diri. Perbedaan pendapat antara kita dan teman sekitar kadang bikin kita minder dan malah mengikuti kemauan orang lain. Padahal, selama tindakan itu berdampak baik untuk kita dan nggak merugikan orang lain, nggak apa-apa lho, tetap pede dengan keputusan kita.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: www.pixabay.com
 
Baca Juga:

Topic

#friendship , #lifehacks

polling

4 Cara Menghadapi Peer Pressure

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.