4 Fakta Urine

by : Dian Nurlizta
Posted : June 30, 2015
Selain melalui feses dan keringat, tubuh kita juga mengeluarkan zat-zat yang nggak diperlukan melalui urine. Makanya, mengetahui informasi seputar urine juga penting. So, ini dia fakta tentang urine yang harus kamu tahu.
 
Kandungan dan Volume Urine
Zat yang diproses ginjal ini ternyata mengandung 95% air. Kandungan urea dalam urine hanya sekitar 2,5% saja. Sedangkan 2,5% sisanya mengandung zat lain seperti garam, mineral dan enzim. Ginjal menyaring sekitar 200 liter darah setiap harinya. Zat yang masih berguna bagi tubuh akan tersimpan di darah dan dimanfaatkan lagi oleh tubuh. Sedangkan sisanya akan dikeluarkan melalui urine. Volume urine yang normal adalah sekitar 2 liter per hari. Jadi, sebanyak itulah urine yang perlu kita keluarkan setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan bekerja dengan baik.
 
Urine Menunjukkan Kecukupan Cairan Tubuh
Warna urine akan berubah tergantung seberapa baik tubuh kita mendapatkan cairan. Kalau diperhatikan, warna urine bergradasi dari kuning gelap sampai kuning muda. Semakin gelap warna urine, tubuh kita semakin kekurangan cairan. Makanya, warna urine yang bagus adalah kuning muda cenderung bening. Tapi, buat yang meminum obat tertentu, warna urine akan sedikit berbeda. Misalnya, beberapa vitamin c berbentuk pil dapat membuat warna urine lebih pekat meski kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.
 
Urine Menunjukkan Kondisi Kesehatan
Selain menunjukkan apakah kita terkena dehidrasi atau nggak, urine juga dapat menunjukkan kondisi kesehatan kita. Misalnya, urine yang berbau busuk dan berbusa dapat menunjukkan bahwa tubuh kita terkena infeksi atau kondisi ginjal memburuk. Urine yang berbau manis menunjukkan kemungkinan terkena diabetes. Makanya, urine juga digunakan dunia medis untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Kalau urine kita mulai terlihat nggak normal, ada baiknya untuk bilang ortu supaya segera ditangani dokter.
 
Urine Digunakan untuk Pengobatan Alternatif
Yup, di beberapa negara barat, urine digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif. Mulai dari diminum hingga diteteskan ke bagian tubuh tertentu. Bangsa Romawi kuno bahkan memanfaatkan urine untuk memutihkan gigi. Sayangnya, hal ini masih jadi kontroversi sampai sekarang, karena belum ada bukti penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi urine benar-benar bermanfaat untuk tubuh. Meski begitu, hal yang sering disebut urine therapy ini masih dilakukan oleh orang-orang di berbagai negara. Editor: Fransiska Soraya – Foto: Fotosearch
 

polling

4 Fakta Urine

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!