5 Alasan untuk Cinta Produk Lokal

by :
Posted : November 30, 2010

Di tengah serbuan produk-produk impor dari luar negri, produk lokal juga terus berusaha naik agar tidak terpinggirkan. Banyak instansi-instansi yang mengkampanyekan cinta produk lokal. Ini dia 5 alasan yang bisa bikin kita untuk lebih cinta dengan produk lokal.
  • Produk lokal mendukung perekonomian produsen lokal. Dengan menggunakan produk lokal berarti kita memberi pemasukan untuk para produsen lokal, yang berarti juga pemasukan tersebut memperkaya penduduk local Indonesia juga. Semua pastinya senang dong kalau orang-orang Indonesia tingkat kesejahteraannya membaik. Nah dengan membeli produk lokal tersebut kita ikut berpartisipasi untuk meningkatkan kesejahteraan sebagian penduduk Indonesia. Bagaimana nasib petani kalau kita malah membeli beras atau sayuran impor.
  • Produk lokal ramah lingkungan. Kok bisa? Salah satunya karena produk lokal tidak menghabiskan banyak bahan bakar untuk distribusinya. Misalnya saja, Apel Malang pastinya membuang lebih sedikit bahan bakar ketimbang apel dari Amerika, karena jarak Malang-Jakarta jauh lebih dekat daripada Amerika –Jakarta. So, bahan bakar yang digunakan juga lebih sedikit.
  • Produk lokal membuat kita menarik. Perempuan Indonesia selalu bisa tampil cantik dengan batik ataupun kebaya. Kenapa? Karena memang pakaian tersebutlah yang diciptakan oleh kultur Indonesia dan diperuntukkan untuk orang Indonesia pula. Sama seperti daerah-daerah lain yang memiliki pakaian atau corak khas yang membuat penduduk lokalnya tampil lebih menarik.
  • Menggunakan produk local berarti menunjukkan keeksistensian Indonesia. Siapa yang tidak bangga sih ketika ada bule yang berfoto dengan baju batik atau kaus yang bertuliskan “I Love Indonesia”. Hmm..mereka aja memakainya, apalagi kita sebagai tuan rumah. Jangan sampai deh, ada bule datang ke Indonesia dan melihat penduduk lokalnya malah memakai baju dengan brand-brand yang ada di negaranya.
  • Produk lokal memang diciptakan untuk kita. Coba tanya sama teman atau saudara yang lama tinggal di luar negri, buat mereka, salah satu yang bikin kangen adalah sambal. Dan meskipun mereka mencoba membuat sambal sendiri, mereka tetap kangen sambal yang dibuat di Indonesia, karena bahan-bahan seperti cabai dan bawang yang digunakan adalah produksi luar negri. Oleh karena itu, rasa sambalnya pun agak berbeda dengan sambal yang dibuat dengan bahan-bahan lokal. Banyak juga orang Indonesia yang berpergian ke luar negri tidak lupa membawa banyak makanan dari Indonesia, seperti saus sambal, mie instant, beras, krupuk dan sebagainya, karena mereka sudah terbiasa dengan makanan-makanan tersebut.
Risty-Foto: istimewa