6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

by : Fanny Indriawati
Posted : April 27, 2016
Terlalu lama membaca buku, menatap layar komputer atau smartphone bikin mata kita pegal. Kalau sudah begitu, belajar pun jadi nggak nyaman. Apalagi, kalau mata kita sampai iritasi. Nah, supaya mata kita tetap sehat, lakukan beberapa kebiasaan berikut, yuk!
 
Memberi waktu beristirahat.
Mata yang bekerja terus-menerus bisa mengalami kelelahan. Untuk mengatasinya, berhenti sejenak kurang lebih 5-10 menit setiap dua jam sekali menatap layar computer dan smartphone, membaca, atau menonton. Lalu, kedipkan mata sebanyak 10-15 kali selama beristirahat.
 
Berkedip untuk membersihkan.
Kebiasaan mengucek mata saat merasa gatal malah bikin kotoran atau benda asing masuk ke mata. Bahkan, gesekan yang terjadi bisa membuat mata iritasi atau terluka. Jika merasa ada benda asing yang masuk ke mata, kita hanya perlu mengedipkan mata berkali-kali untuk menyapu kotoran keluar.
 
Rajin mencuci tangan.
Kalaupun kita nggak tahan banget ingin mengucek mata sesaat, pastikan tangan kita bersih. Kebiasaan mengucek mata dengan tangan kotor bisa mengakibatkan bintitan (seperti jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata), lho. Soalnya, terjadi peradangan pada akar bulu mata sehingga muncul benjolan merah di sepanjang tepi kelopak mata. Biasanya sih, bintitan berlangsung sampai seminggu dan mengempis dengan sendirinya.
 
Menggunakan obat tetes secukupnya.
Kandungan obat tetes mata mirip seperti air mata, sehingga tepat digunakan ketika mata kering. Tapi, nggak disarankan untuk terlalu sering digunakan, karena mengandung steroid. Bisa bikin mata menderita glaucoma (gangguan penglihatan mata yang lama-kelamaan bisa menyebabkan kebutaan), tuh.
 
Tidak terlalu lama menggunakan lensa kontak.
Idealnya, lensa kontak digunakan 6-8 jam sehari agar nggak menimbulkan iritasi pada mata. Hindari juga menggunakan lensa kontak saat tidur, karena bisa memengaruhi pembuluh darah di mata dan meningkatkan risiko pengembangan infeksi kornea.
 
Nggak sembarangan pilih sunglasses.
Kacamata hitam memang banyak modelnya. Namun, jika kita butuh kacamata hitam yang benar-benar untuk melawan terik matahari, pilih yang berlabel UV 400. Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.pixabay.com

polling

6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.