6 Fakta Penting Telur Ayam

by : Putriyantini
Posted : March 12, 2017
Telur ayam sudah menjadi bahan makanan sehari-hari kita. Hampir menu makanan yang kita jumpai punya bahan telur di dalamnya. Ternyata selain punya nutrisi yang baik buat tubuh, telur ayam juga punya beberapa fakta berikut ini yang mungkin belum banyak diketahui orang.
  1. Warna kulit telur ayam ada yang putih dan kecokelatan. Sebenarnya, warna tersebut nggak memengaruhi kualitas telur. Perbedaan warna terjadi karena ditelurkan oleh induk ayam yang berbeda. Biasanya, ayam betina bersayap putih akan menelurkan telur ayam berkulit putih. Sedangkan, ayam betina bersayap kemerahan menelurkan telur ayam berkulit kecokelatan.
  2. Warna kuning pada kuning telur berbeda-beda. Ada yang gelap, setengah gelap, sampai  terang. Tapi, lagi-lagi itu nggak memengaruhi nutrisi pada telur. Perbedaan tersebut disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi ayam betina. Kuning gelap berarti ia hanya memakan sayuran, setengah gelap berarti memakan jagung, sedangkan kuning terang berarti memakan gandum atau beras.
  3. Telur ayam bebas gula dan karbohidrat, lho. Meski begitu, telur ayam memiliki protein tinggi yang berguna memberikan energi pada tubuh. Jadi, tetap disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan. FYI, telur ayam adalah termasuk bahan makanan dengan kandungan nutrisi paling tinggi, lho.
  4. Salah satu kandungan penting di telur ayam adalah choline. Satu telur bisa mengandung 147 mg choline. Kandungan ini baik banget untuk kesehatan otak, jantung dan saraf. Selain itu, choline juga membantu pembentukan sel tubuh.
  5. Telur ayam bisa bertahan hingga 3-4 minggu setelah tanggal jual. Jangka waktu ini bisa bertambah jika telur dimasukkan ke dalam kulkas. Jangan dikonsumsi jika telur mengeluarkan bau nggak sedap atau busuk.
  6. Telur ayam nggak hanya dihasilkan dari perkawinan ayam jantan dan betina. Telur ayam yang dijual di pasar atau supermarket berasal dari ayam betina yang sudah difertilisasi. Proses pembentukan embrio bisa terjadi jika ayam betina berada di ruangan hangat atau lokasi bercuaca hangat. Tapi, kalau kita pengin telur ayam tumbuh dan menjadi anak ayam, maka perkawinan diperlukan.
Editor: Maharani Legita - Foto: Dok. 123RF

polling

6 Fakta Penting Telur Ayam

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GAYA