6 Istilah Cinta Yang Wajib Diketahui

by : Ayu
Posted : February 2, 2017
Bosan dengan istilah cinta yang biasa diungkapkan? Ternyata, masih banyak istilah atau kata yang bisa jadi pilihan kita untuk menyatakan rasa cinta. Coba deh, cek beberapa istilah dari bahasa Indonesia dan asing ini.  
 
Filantropi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, filantropi berarti cinta kasih kepada sesama. Misalnya, kita menyayangi dan mencintai sahabat-sahabat terdekat. Bisa juga kita mencintai dan merawat hewan peliharaan kita. Intinya sih, kita sebagai manusia harus bisa sharing cinta ke orang ataupun makhluk hidup lainnya.
 
Renjana
Beberapa karya puisi ataupun novel pernah memakai kata ini. Renjana berarti rasa hati yang sangat kuat. Biasanya, ini berkaitan dengan perasaan rindu seseorang terhadap orang atau sesuatu yang dicintainya. Cocok banget digunakan buat kita yang sedang melakukan hubungan LDR, ya. Tapi, beberapa orang menggunakan kata renjana untuk menggambarkan rasa cinta yang nggak mengharapkan balasan atau kesetiaan seseorang.
 
Asmara
Kata-kata ini sering dipakai untuk judul lagu seperti Panah Asmara yang dinyanyikan oleh Vidi Aldiano. Sebenarnya, arti kata asmara adalah perasaan senang terhadap lain jenis (kelamin). Misalnya, kita senang banget melihat fisik seorang cowok dan sikapnya. Makanya, kita menjadikannya target pacar alias gebetan. Itu tandanya kita terkena demam asmara terhadap cowok tersebut.
 
Mamihlapinatapei/Mamihlapinatapai
Pertama mendengar kata ini, pasti akan merasa aneh. Kata mamihlapinatapai berasal dari bahasa Yaghan di Kepulauan Tierra del Fuego (wilayah sebagain Chilli dan Argentina). Uniknya, kata ini sulit untuk dipadankan ke kosakata bahasa lain. Secara garis besar mamihlapinatapai menggambarkan dua orang yang saling berpandangan. Keduanya, berharap orang yang ditatap akan melakukan sesuatu untuknya. Sayangnya, keduanya nggak ada yang memulai  terlebih dulu. Ini pas banget  buat kita yang sudah dekat dengan gebetan, tapi nggak pernah menyatakan rasa suka. Bisa juga menggambarkan keinginan berkenalan dengan gebetan yang terpendam.
 
Koi No Yokan
Kata dari bahasa Jepang ini berarti perasaan suka yang muncul ketika kita mengalami pertemuan pertama dengan seseorang. Biasanya, perasaan ini membuat kita berpikir orang tersebut bakal menjadi pacar nantinya alias saling jatuh cinta. Pokoknya, kita jadi punya bayangan atau khayalan untuk berpacaran sama orang yang baru ditemu tersebut di masa depan. We are meant to be! Romantis banget, ya.
 
Saudade
Kata saudade berasal dari bahasa Portugis dan Galisia. Kata ini ternyata nggak ada padanannya dengan bahasa lain. Saudade sendiri menggambarkan rasa cinta yang mendalam terhadap seseorang atau sesuatu yang sudah hilang dan tidak diketahui keberadaannya. Perasaan cinta berkepanjangan ini juga meliputi rindu dan nostalgia. Kata ini mencerminkan kesetiaan terhadap seseorang atau sesuatu walau sudah tiada. Biasanya, digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta ke anggota keluarga atau kerabat yang sudah meninggal. Editor: Indah Nainggolan - Foto: Dok. 123RF
 

polling

6 Istilah Cinta Yang Wajib Diketahui

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!