6 Tips Sukses Jualan di Instagram

by : Fanny Indriawati
Posted : May 13, 2016
Social media nggak cuma bisa jadi tempat kita buat eksis, lho. Coba asah juga bakat entrepreneur kita lewat social media. Salah satunya Instagram. Soalnya, lewat aplikasi ini, kita bisa dengan mudah jualan secara online. Ini beberapa tipsnya!
 
Pilih foto terbaik
Pembeli pasti ingin foto yang terlihat menarik. Karena itu, apa pun jenis produk yang kita jual, usahakan selalu memotretnya dengan bagus. Gambar harus jelas dengan pencahayaan bagus, agar calon pembeli bisa melihat detail produk yang kita jual.
 
Jangan dikunci
Bisa dibilang, Instagram adalah virtual window shop. Karena itu, sebaiknya atur akun kita agar bisa dilihat setiap saat. Kalau akun kita di-setting private, banyak calon pembeli yang malas untuk belanja, karena nggak bisa melihat produk kita terlebih dahulu.
 
Rajin posting
Tunjukkan bahwa online shop kita aktif. Kalau orang lain melihat tanggal terakhir kita mem-posting foto atau video dan itu sudah lebih dari seminggu, banyak yang akan mempertanyakan status online shop kita. Variasikan juga posting-an produk yang kita jual dengan gambar berupa quotes atau ucapan selamat hari raya di saat-saat tertentu. Hal ini dilakukan agar kita memiliki kedekatan dengan follower.
 
Pilih hashtag yang tepat
Hashtag mempermudah orang untuk mencari foto yang ingin dilihat. Karena itu, jangan gunakan hashtag yang nggak ada hubungannya dengan produk yang kita jual. Sebutkan juga lokasi kita dalam salah satu hashtag, supaya calon pembeli tahu barang akan dikirim dari mana.
 
Brand consistency
Saat akan berjualan di Instagram, pikirkan dahulu dengan matang konsep brand kita akan seperti apa. Misalnya, apakah kita akan menjual makanan sehat, edgy outfit, atau DIY projects? Pilih salah satu yang memang bisa kita tekuni dan sesuai minat kita. Lalu, konsistenlah dalam mengelola brand yang ditampilkan di Instagram tersebut. Jangan berpikir karena ingin meraih keuntungan besar, lalu semua barang secara random kita jual di Instagram.
 
Ikuti trend
Meskipun menjaga konsistensi dari brand, kita tetap tidak boleh lupa untuk selalu mengikuti trend. Misalnya, kita memilih menjual makanan sehat di Instagram. Coba cari trend kuliner yang sedang happening saat ini, lalu ciptakan versi sehat dan kreatif dari kuliner yang sedang nge-hits tersebut. Dengan begitu, jualan kita akan menjadi lebih menarik dan unik dari online shop lainnya.
 
Sebagian bahan: Fransiska Soraya – Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.entrepreneur.com

polling

6 Tips Sukses Jualan di Instagram

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.