8 Cara Mudah Untuk Berhemat

by : Immi Sefa
Posted : February 16, 2018
Apakah kamu termasuk cewek boros? Kalau ya, nggak ada ruginya kalau kamu mengubah kebiasaan lama agar lebih bijak dalam mengelola keuangan dengan cara berhemat. Cara ini ternyata sangat efektif untuk ‘menambah kesehatan dompet’ kamu, lho. Ini dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:
 
1. Tetapkan anggaran
Menentukan budget adalah hal yang paling penting dalam mengelola keuangan. Kebiasaan ini juga baik dilakukan untuk menetapkan prioritas kebutuhan mana saja yang penting dan pengelompokan biaya atau pengeluaran rutin dan tetap.
 
2. Buat wishlist
Sebelum melirik item-item yang dijual di toko, buat wishlist secara berkala untuk menentukan item apa saja yang benar-benar kamu ingin beli. Jangan hanya gara-gara lapar mata atau godaan diskon, kamu membeli barang yang nggak terlalu dibutuhkan di luar list yang sudah kamu buat.
 
3. Potong biaya nggak perlu
Salah satu beban pengeluaran paling besar saat ini adalah biaya makan dan minum di kafe. Kamu bisa memotong banyak pengeluaran nggak perlu dengan mengurangi jajan di luar. Kalau biasanya kamu nongkrong di kafe 2 kali seminggu, coba dikurangi jadi sekali seminggu saja.
 
4. Bayar secara tunai
Selain lebih mudah dalam menghitung berapa uang yang sudah kamu keluarkan, pastinya kamu nggak bakalan tergiur untuk berbelanja lebih dari jumlah uang yang kamu bawa di dompet.
 
5. Catat pengeluaran
Simpan struk belanja lalu catat secara terperinci dalam buku kas. Tandai setiap pengeluaran yang kamu lakukan baik besar maupun kecil setiap harinya. Pengeluaran kecil jika dilakukan terlalu sering lama-lama bisa menjadi pengeluaran besar dan rutin kalau nggak direm.
 
6. Simpan uang kembalian
Jangan pernah gengsi mengumpulkan uang kembalian pecahan kecil atau recehan. Biar kata recehan, kalau dikumpulkan sedikit demi sedikit lama-lama bisa berguna juga untuk membeli sesuatu atau minimal didonasikan kepada orang yang membutuhkan.
 
7. Pinjam atau barter
Ketimbang membeli baru, kalau teman atau saudara sudah punya, kenapa nggak pinjam atau barter sama mereka?
 
8. Do it yourself
Belajar mandiri serta mengembangkan ide-ide kreatif dengan bikin sesuatu dengan tangan kita sendiri ternyata juga trik oke untuk berhemat, lho. Termasuk mengolah barang-barang bekas jadi barang baru.
 
Kebiasaan hemat baik dilakukan sejak muda karena dapat menekan sifat konsumtif dan uang yang kamu kumpulkan itu nantinya bisa digunakan di masa depan atau buat jaga-jaga di kondisi darurat. Editor: Maharani Legita – Foto: dok. idiva.com, dok. finansialmu.com
 
Baca Juga:

Topic

#lifehacks

polling

8 Cara Mudah Untuk Berhemat

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!