Agatha Christie

by :
Posted : August 16, 2013

Lebih dari 80 novel bergenre misteri sudah dihasilkannya. Sebanyak 30 novel, bahkan sudah diadaptasi menjadi sebuah karya film. DIsebut-sebut sebagai penulis misteri pertama dan terkenal di seluruh dunia, inilah dia master of the mystery novel, Agatha Christie.

Agatha Mary Clarissa Miller lahir pada 15 September 1890 di Torquay, Inggris.  Christie merupakan bungsu dari tiga bersaudara. Berbeda dengan kedua kakaknya yang mendapatkan pendidikan formal, sejak berumur 8 tahun, Clara, sang ibu, yang mengajarinya menulis. Christie lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar menulis dan travelling ke Perancis dan Mesir bersama sang ibu.

Sebelum menjadi penulis terkenal, di usia belasan tahun dirinya pernah bekerja sebagai apoteker. Sejak saat itu, Christie mulai aktif menulis. Beberapa karya tulisannya terinspirasi dari pengalaman dan kesehariannya. Karir sebagai novelis benar-benar dimulai setelah sang kakak, Margaret Frary miller (Madge) menantangnya untuk menulis sebuah novel..Tantangan itu terjawab novel pertamanya The Mysterious Affair at Styles keluar di tahun 1920. Mulai saat itu, Christie mulai aktif menulis novel bergenre misteri. Selain itu, dia juga menulis kisah-kisah roman dengan nama pena Mary Westmacott. Buku-bukunya telah terjual lebih dari satu miliar ekslempar dalam Bahasa Inggris dan satu miliar ekslempar dalam 45 bahasa asing hingga tahun 2003.

Penghargaan karya Agatha Christie
Selain menulis novel, Agatha Christie juga menulis sejumlah sandiwara teater bergenre misteri. Salah satu tokoh ciptaannya yang terkenal yaitu Hercule Poirot, seorang detektif Belgia dalam judul Hercule Poirot – The Murderer of Roger Ackrovd. Beberapa karya novelnya telah banyak difilmkan secara berulang-ulang, antara lain Murder on the Orient Express (1934), Death on the Nile (1937), 4.50 from Paddington (1957). Sedangkan sandiwara panggung karyanya, The Mousetrap, memecahkan rekor sebagai sandiwara yang paling lama diputar di London mulai 25 November 1952 sampai tahun 2006 yaitu sebanyak 20.000 kali.

Beberapa penghargaan yang pernah didapatkan sejak tahun 1955, Christie mendapatkan The Grand Master Award, dari The Mystery Writers of America's highest honor. Di tahun yang sama, dia mendapat Edgar Award by the MWA, kategori Best Play oleh Witness for the Prosecution. Tahun 1956, Christie memenangkan the Commander of the Order of the British Empire decoration, sebagai penulis misteri kejahatan paling populer di Inggris. Pada 1971, Christie dianugerahi gelar Dame Commander of the British Empire oleh Ratu Elizabeth II. Di masa kesuksesan karirnya, Christie meninggal dunia pada 12 Januari 1976. Kini, kita bisa tau lebih banyak tentang koleksi novel karya Agatha Christie di sini. Dewianataria – Foto: Hulton-Deutsch Collection/CORBIS





polling

Agatha Christie

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GOSIP