Albert Einstein

by :
Posted : February 22, 2013

Saat mendengar namanya, kita pasti langsung teringat dengan rumus relativitas E=mc2. Siapakah sebenarnya sosok Einstein ini?

Sejak kecil Albert Einstein dikenal sebagai sosok yang pendiam, pemarah dan suka bermain sendiri. Di sekolah pun, Einstein kurang populer karena sifat pemalunya. Ada juga yang mengatakan bahwa Eintein mengalami Syndrom Asperger atau mengalami autisme.

Einstein menyukai dunia fisika sejak berumur 5 tahun. Kecintaannya terhadap dunia fisika semakin menjadi saat ayahnya memberinya hadiah sebuah kompas. Einstein tertarik untuk membuka tabir misteri kompas tersebut.

Di umurnya yang 12, Eintein sempat mendalami matematika. Sejak saat itu Einstein mengalami banyak sekali perubahan. Mulai dari kepindahannya ke Pavia, Jerman, masuk ke Eidgenossische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal) di Zurich dan bertemu dengan Mileva Maric, seorang wanita yang juga ahli matematika asal Serbia yang kemudian membuat Einstein jatuh cinta.

Menginjak usia 21 tahun (1905), Einstein sudah menghasilkan berbagai karya besar yang cemerlang, yaitu:
  • Maret: Aplikasi ekipartisi pada peristiwa radiasi, yaitu pengantar hipotesa kuantum cahaya berdasarkan statistic Boltzmann. Lewat karya ini, Einstein berhasil mendapatkan Nobel pada tahun 1922.
  • April: Desertasi doktoral tentang ukuran-ukuran molekul, yang membawanya bisa memperoleh gelar PhD di Universitas Zurich.
  • Mei: Makalahnya tentang gerak Brown.
  • Juni-September: Makalahnya yang tersohor, tentang teori relativitas khusus yaitu E=mc2.
Di tahun 1909, Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Penghargaan tertingginya didapat Einstein di tahun 1921 saat mendapat hadiah Nobel di bidang Ilmu Fisika. Einstein bahkan pernah ditawari menjadi Presiden Israel yang kedua, namun ditolaknya karena merasa tidak mampu di bidang itu.

Einstein meninggal dunia pada  18 April 1955 pada umur 76 tahun di Priceton, New Jersey, dengan meninggalkan berbagai karya besarnya yang mengubah sejarah dunia. Sayang, karya besarnya yaitu teori relativitas miliknya disalahgunakan untuk membuat bom atom dan menewaskan banyak orang, seperti bom yang dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki saat Perang Dunia II.

Untuk mengenang sosok jenius ini, figur Einstein diabadikan di Madame Tusaud di London, bahkan ada rumah sakit yang menggunakan nama dirinya yaitu Albert Einstein Hospital Israelita di Brazil. Dewianataria - Foto: SIPA Press










polling

Albert Einstein

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!