Anne Sullivan

by :
Posted : November 29, 2014

Keterbatasan fisik nggak membuat kita menyerah untuk menggapai cita-cita. Ini dia yang dilakukan Anne Sulivan. Wanita yang kehilangan pengelihatannya tersebut berhasil menjadi seorang guru. Bahkan, menjadi inspirasi salah satu tokoh berpengaruh dunia, Helen Keller.

Perempuan yang bernama lengkap Johanna Anne Sulivan lahir 14 April 1866 di Massachusetts, Amerika Serikat. Dia adalah seorang putri petani yang memiliki adik lumpuh akibat TBC. Pada usia 5 tahun, Anne terserang penyakit bernama trachoma. Penyakit ini menyebabkan matanya hampir kehilangan pengelihatan total. Nasib buruk nggak berhenti sampai di situ. Anne pun terpaksa masuk dalam panti asuhan karena kedua orangtuanya meninggal.

Walau memiliki keterbatasan, Anne punya keinginan keras untuk bersekolah. Tanpa segan-segan ia memminta Frank Sanborn, ketua sebuah yayasan sosial untuk menyekolahkannya. Untuk itu, Anne harus menjalankan serangkaian operasi untuk menyembuhkan matanya. Sayangnya, pengelihatan Anne tidak bisa sembuh total. Ia hanya bisa membaca dalam waktu singkat.

Hebatnya, Anne lulus dengan nilai tertinggi di The Perkins Institute For The Blind, Amerika Serikat. Ia pun kemudian berbakti menjadi guru khusus orang-orang yang memiliki gangguan pengelihatan. Anne terpilih menjadi pengajar pribadi  seorang anak bernama Helen Keller. Anak perempuan tersebut mengalami kebutaan setelah demam tinggi.

Awalnya, Anne mengalami kesulitan mengajar Helen. Anak didiknya tersebut bertemparemen tinggi dan tak bisa diatur. Dengan penuh kesabaran, Anne mengajarkan disiplin terhadap Hellen dan mulai mengajarkan abjadi braile. Akhirnya, Helen mendapatkan kemajuan pesat. Ia membimbing Helen sampai kuliah di Radcliffe College. Bahkan, Anne menjadi penasehat Helen selama ia memberikan ceramah ke banyak orang.

Sayangnya, pengelihatan Anne semakin memburuk pada 1935. Sebelum wafat, Anne mendapatkan penghargaan karena usahanya mengajar oleh Temple University, The Educational Institute of Scotland dan The Rosevelt Memorial Foundation. Salut dengan semangat mengajar guru yang satu ini! Ayu – Foto: www.biography.com


polling

Anne Sullivan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.