Bowling, Dulu dan Sekarang

by :
Posted : April 6, 2012

Yup, bowling saat ini memang jadi salah satu olahraga yang populer di kalangan anak muda. Bermain bowling, kita nggak cuma merasakan serunya melempar bola saja, tapi juga saling bersaing mencetak skor antar teman. Karena banyak penggemarnya, bowling pun mudah kita temui di pusat perbelanjaan alias mal. Tapi nggak banyak yang tahu bahwa olahraga yang satu ini, usianya sudah mencapai 7000 tahun lalu.

Menurut penelitian, jenis permainan bowling atau permainan melempar awalnya ditemukan di beberapa kuburan tua Mesir Kuno. Selain itu, pada abad ke-13 di Inggris, ada juga permainan menggelindingkan bola ke arah beberapa buku yang ditumpuk sekaligus, di atas rumput. Di Jerman, permainan sejenis bowling ini bahkan dikaitkan dengan upacara agama. Pasalnya, mereka menggunakan kegeln sebagai pin dan batu atau bola yang digelindingkan ke arah kegeln. Dalam upacara agama, kegeln yang berbentuk seperti pentungan adalah simbol dari roh jahat. Jika semua kegeln rubuh, maka kehidupannya akan terbebas dari gangguan roh jahat.

Permainan bowling sempat mendapat ditentang oleh Raja Edward III Inggris. Ia bahkan mengeluarkan undang-undang untuk menghentikan permainan ini. Untungnya, peraturan itu nggak sukses dan permainan bowling semakin meluas kepopulerannya hingga ke Amerika. Yang tadinya dilakukan di lapangan, bowling pindah ke gelanggang beratap. Saking banyaknya peminat, pada tahun 1895, dibentuklah organisasi Bowling Amerika (American Bowling Congress). Berkat kemajuan teknologi, olahraga yang fun ini memasuki benua Asia seperti Jepang, Filipina, Singapura, dan tiba di Indonesia pada tahun 1970. Muthia – Foto: Dok. FeminaGroup