Brothers Grimm

by :
Posted : June 2, 2013

Siapa sih, yang nggak kenal dongeng Cinderella, Snow White and The Seven Dwarfs, dan Hansel and Gretel? Dongeng yang begitu mendunia ini sudah diadaptasi dalam berbagai jenis film dan animasi. Dan rasanya, kurang lengkap kalau kita belum berkenalan dengan penulisnya, Brothers Grimm.

Brothers Grimm merupakan kakak beradik bernama Jacob yang lahir tahun 1785 dan Wilhelm Grim, yang lahir setahun setelahnya. Keduanya ditinggalkan sang ayah pada tahun 1796 dan sempat menjadikan keluarga mereka jatuh miskin. Meskipun demikian, kedua warga negara Jerman ini berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga ke universitas. Mereka menjadi lulusan University of Marburg, Jerman dalam bidang hukum.

Sejak kuliah, Brothers Grimm memang memiliki minat yang cukup besar terhadap cerita rakyat. Oleh karena itu keduanya bersepakat untuk mengumpulkan cerita rakyat yang menyebar dari mulut ke mulut. Cerita tersebut mereka dapatkan dari para petani dan penduduk kampung di sekitar lingkungannya. Jacob sang kakak menjadi peneliti di lapangan untuk mengumpulkan cerita yang tersebar. Sedangkan Wilhelm sang adik menulis dan memodifikasi cerita-cerita tersebut, sehingga lebih mudah dimengerti oleh anak-anak. Kerja keras mereka selama enam tahun mengumpulkan berbagai cerita menghasilkan buku Tales of Children and the Home yang terbit pada tahun 1812.

Saking populernya, buku tersebut diterbitkan berkali-kali. Koleksi cerita rakyat yang berhasil dikumpulkan Brothers Grimm pun mencapai ratusan dan masih dibaca hingga saat ini. Selain Cinderella, Snow White and The Seven Dwarfs, dan Hansel and Gretel, Brothers Grimm juga menulis cerita Rapunzel, The Frog Prince, Red Riding Hood, dan lainnya. Dongeng-dongeng ini pun dibuat dalam bentuk visual dengan cerita yang lebih manis oleh penerbit lainnya seperti Walt Disney. Dan, nggak mengandung unsur kekerasan seperti yang tertulis dalam versi aslinya.

Selain dikenal sebagai penulis cerita dongeng, Brothers Grimm juga dikenal sebagai akademisi, ahli bahasa, peneliti budaya, dan leksikografer,y aitu orang-orang yang menyusun sebuah kamus. Wilhelm Grimm pun tutup usia pada tahun 1859. Sedangkan Jacob Grimm meninggal pada tahun 1863, sebelum menyelesaikan kamus yang tengah dibuatnya. Lizta – Foto: www.centerstage.org


polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!