Fakta Sehat Air Putih

by :
Posted : May 25, 2012

Rasanya yang hambar dan kadang ngebosenin, bikin kita jadi malas minum air putih. Padahal, di balik tampilannya yang datar karena nggak berwarna dan berbau itu, air putih punya banyak khasiat penting untuk kesehatan kita. Apa saja, ya?
  • Air putih berperan penting dalam proses metabolisme tubuh kita. Diantaranya untuk memproduksi energi dan mengatur penyimpanan lemak dalam tubuh.
  • Air putih adalah sahabat jantung. Air membantu jantung memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Artinya, kalau kita sampai kekurangan cairan atau dehidrasi, jantung kita harus bekerja lebih keras. Akibatnya, tekanan darah kita akan menurun.
  • Buat yang pengin kulitnya cerah dan lembab, wajib rajin minum air putih. Soalnya, kalau sampai tubuh kekurangan cairan, sel-sel kulit akan mengerut dan menurun tingkat elastisitasnya. Nggak mau kan, masih muda sudah keriput?
  • Air putih membantu tubuh kita mengeluarkan racun dari dalam tubuh, bersama urine, keringat, uap pernapasan dan tinja. Makanya, penting untuk kita minum air putih secara rutin, untuk menggantikan cairan yang keluar tadi. Supaya proses sekresi (pembuangan) tubuh lancar.
  • Hebatnya lagi, air putih membantu kita mencegah beberapa penyakit, seperti sembelit, infeksi saluran kemih dan mencegah alergi dengan menjaga selaput lendir, tenggorokan, hidung serta mata tetap lembab. Muthia – Foto: Dok. FeminaGroup