Kartini

by :
Posted : April 21, 2015
Dulu, derajat wanita beda sama laki-laki. Bahkan dari sisi pendidikan pun wanita hanya diperbolehkan sekolah sampai SD dan langsung akan dinikahkan oleh orang tuanya. Terima kasih kepada Ibu Kartini yang memperjuangkan hak-hak wanita, saat ini kita sudah terbebas dari penjajahan wanita itu.

Ibu Raden Ajeng Kartini yang biasa kita sebut Ibu Kartini lahir pada 21 April tahun 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Beliau adalah salah seorang anak bangsawan yang hanya lulusan Sekolah Dasar. Ia tidak boleh melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi dari orang tuanya, dan akan langsung dinikahkan. Hal tersebut membuatnya sangat sedih, ia melampiaskan kesedihannya dengan mengumpulkan buku-buku pelajaran dan kemudian dibacanya di taman rumahnya.

Melalui kegemarannya pada buku inilah, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir wanita Eropa. Soalnya waktu itu Indonesia masih dijajah Belanda. Timbul keinginannya untuk memajukan wanita Indonesia, tidak hanya aktif di dapur tetapi juga harus memiliki ilmu. Ia memulai dengan mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajarkan tulis menulis dan ilmu pengetahuan lainnya.

Selain kesibukannya, ia tetap membaca buku sebanyak-banyaknya dan mengirimkan surat ke teman-temannya di Belanda. Tak beberapa lama, ia menulis surat untuk Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, J.H Abendanon untuk memohon diberikannya beasiswa untuk belajar di Belanda.

Sayangnya, beasiswa yang ia dapatkannya tidak sempat dimanfaatkan karena Kartini dinikahkan oleh orang tuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat. Kemudian mereka tinggal di daerah Rembang, Jawa Tengah. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan memberikan kebebasan untuk mendirikan sekolah wanita yang saat ini menjadi bangunan Gedung Pramuka.

Kartini wafat pada 17 September 1904 pada usia 25 tahun setelah melahirkan anak pertamanya. Berkat kegigihannya, Sekolah Wanita didirikan kembali dibeberapa kota oleh Yayasan Kartini. Nama sekolahnya diberi nama Sekolah Kartini. J.H Abendanon memngumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada para teman-temannya di Eropa. Buku itu diberi judul “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Meidy – Foto: www.aquila-style.com

Baca juga:
Hari Kartini Di Berbagai Negara

polling

Kartini

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GAUL