Koleksi Tumbuhan Khas Indonesia

by :
Posted : January 10, 2013

Lokasi yang unik karena diapit oleh dua benua, dua samudera dan melintang di garis khatulistiwa membuat Indonesia punya banyak keistimewaan. Salah satunya punya koleksi tumbuhan yang nggak ada di tempat lain. Nama kerennya, tumbuhan endemik. Ini dia tumbuhan endemik Indonesia.

Anggrek Hitam
Tumbuhan yang punya nama ilmiah Coelogyne pandurata ini hanya tumbuh di wilayah Kalimantan dan menjadi maskot flora di provinsi Kalimantan Timur. Anggrek ini disebut anggrek hitam karena bunganya memiliki lidah (labellum) berwarna hitam. Sayangnya, menurunnya luas hutan di Kalimantan bikin jumlah tumbuhan ini pun menurun karena habitat aslinya berkurang. Bahkan tumbuhan ini sedang terancam kepunahan.

Cendana
Cendana atau Santalum album dikenal sebagai pohon yang wangi. Hal ini karena kayu pohon cendana bisa menyimpan aromanya dalam waktu yang sangat lama. Makanya kayu dan minyak cendana sering digunakan sebagai bahan rempah-rempah, aromaterapi atau campuran parfum.  Selain itu tumbuhan ini sangat sulit dibudidayakan sehingga harganya sangat mahal. Meskipun terdapat banyak pohon cendana di negara lain, namun spesies satu ini hanya tumbuh di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Patma Raksasa
Tumbuhan ini lebih dikenal dengan nama Rafflesia Arnoldii karena ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles dan Joseph Arnold. Bentuknya seperti bunga raksasa dan dikenal sebagai bunga terbesar di dunia. Tumbuhan ini pertama kali ditemukan di hutan tropis Bengkulu pada tahun 1818 dan terkenal dengan baunya yang menyengat. Sayangnya banyak orang salah kaprah dan mengira Patma Raksasa merupakan Bunga Bangkai. Padahal keduanya merupakan jenis tumbuhan yang berbeda, lho. Saat ini status Patma Raksasa terancam punah karena maraknya penggundulan hutan di Indonesia. Oleh karena itulah Taman Nasional Kerinci menjadi daerah konservasi utama tumbuhan ini. Lizta – Foto: www.kew.org





polling

Koleksi Tumbuhan Khas Indonesia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GOSIP