Musisi Jazz Bubi Chen Tutup Usia

by :
Posted : February 22, 2012

Namanya mungkin begitu asing di telinga kita, para remaja. Tapi kepulangan Bubi Chen di usianya yang ke 74 tahun, begitu membuat dunia permusikan Indonesia merasa kehilangan, terlebih dunia musik jazz. Pasalnya, pria kelahiran  Surabaya, 9 Februari 1938 ini adalah musisi kawakan. Ia disebut-sebut sebagai Maestro Jazz Indonesia, “ayah” musisi jazz Indonesia dan “Art Tatum dari Asia” di Majalah Jazz Legendaris Down Beat di tahun 1968.

Musisi yang satu ini, mengidap penyakit komplikasi diabetes sejak lama. Hingga akhirnya pada 16 Februari 2012 lalu, ia menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Telogo Rejo, Semarang, pukul 18.50 WIB, di usianya yang ke 74 tahun. Padahal sesuai rencana, pianis melegenda ini akan tampil di acara Java Jazz Festival (JJF) 2012, bersanding dengan Stevie Wonder, Herbie Hancock dan lainnya. Tapi sayangnya, kenyataan berkata lain dan membatalkan penampilannya di acara JJF tahun ini.

Bila melihat perjalanan hidupnya, Bubi telah menekuni piano sejak umur 5 tahun. Saat itu, ayahnya  menitipkannya kepada Di Lucia, seorang pianis berkebangsaan Italia untuk mengajarinya bermain piano. Bubi memang berbakat! Di usianya yang ke 12 tahun, Ia sudah mampu mengaransemen karya-karya Beethoven, Chopin, dan Mozart dengan sentuhan irama jazz yang didapatnya secara otodidak. Barulah pada tahun 1955-1957, Bubi resmi mengikuti kursus tertulis di Wesco School of Music, New York.

Kecintaannya terhadap musik jazz juga telah mendorongnya membentuk grup musik dan menelurkan segudang album rekaman. Bubi pernah tergabung dalam grup The Circle, Indonesian All Star, Jack Lesmana Quintet, dan berkolaborasi dengan musisi jazz dalam dan luar negeri lainnya. Penghargaan dari orang penting pun pernah diraihnya di tahun 2000-an, seperti penghargaan pengabdian seni dari mantan presiden Megawati SoekarnoPutri (2004), penghargaan dari Peter F. Gontha sebagai musisi Jazz Living Legent (2005), dan Life Achievement Award dari gubernur Jawa Timur Soekarwo (2008). Selamat jalan, Bubi Chen! Mauito – Foto: Istimewa


polling

Musisi Jazz Bubi Chen Tutup Usia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!