Pertolongan Saat Demam

by :
Posted : February 6, 2015

Saat musim hujan nggak jarang deh kita jadi terserang flu dan demam. Ini bisa terjadi saat tubuh kita lagi nggak fit. Nah, berikut pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah saat kita terkena demam.

Ukur Suhu Tubuh
Kalau merasa mulai nggak enak badan, saatnya deh menyiapkan thermometer biar nggak jauh-jauh saat kita membutuhkannya. Coba deh kita ukur suhu tubuh kita secara berkala, sekitar 4 jam sekali. Jadi kita bisa tahu berapa suhu tubuh sekaligus seberapa cepat suhu tubuh meningkat. Walaupun bukan langkah pengobatan, mengukur suhu tubuh penting untuk mengetahui seberapa parah demam kita.

Minum Air Putih
Meningkatnya suhu tubuh bisa membuat kita dehidrasi. Ini mesti kita waspadai lho. Nah, agar nggak terserang dehidrasi, kita harus rajin minum air putih dan buang air kecil. Semakin banyak air putih yang kita minum, keringat yang keluar akan semakin banyak. Itu tandanya kalau tubuh sedang dalam proses netralisasi. Biasanya, setelah itu suhu tubuh akan berangsur kembali normal.

Kompres
Kalau masih demam dan suhu tubuh meningkat, nggak ada salah kita coba mengompres tubuh kita. Nah, yang peru diperhatikan adalah bahwa kita seharusnya mengompres dengan air hangat, bukan dengan air dingin. Soalnya air dingin justru bisa membuat kita demam semakin tinggi setelahnya. Selain itu, jangan hanya kompres kening saja ya, tapi juga seluruh tubuh.

Jangan terus membungkus tubuh dengan selimut
Saat kita demam, kita akan merasa kedinginan dan mengigil, paling enak sih memang membungkus tubuh kita dengan selimut. Tapi, jangan terlalu lama ya, saat suhu tubuh kita sudah mulai turun, kita harus segera menyingkirkan selimut dari tubuh kita. Soalnya dengan menutup tubuh kita dengan selimut, kita tidak membiarkan kulit bernapas dengan leluasa.

Hubungi dokter
Kalau panas nggak kunjung turun, jangan sembarangan mengonsumsi obat penurun panas ya. Ada baiknya jika kita menghubungi dokter, agar bisa diketahui juga apa penyebab dari demam tersebut. Dengan ke dokter, kita sekaligus bisa menyembuhkan penyakit yang memicu demam kita deh. Rininta - Foto: dok. Fotosearch


polling

National Pancake Day! (27 Februari)

Apa topping favoritmu saat makan pancake?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!