Si Manis Diabetes

by :
Posted : May 19, 2012

Pasti kita sering mendengar dong, soal penyakit diabetes atau yang beken dengan nama penyakit kencing manis ini. Tapi, nggak banyak dari kita yang tahu tentang penyakit ini, penyebabnya dan bahayanya. Supaya nggak terkena, lebih baik kita kenalan dulu sama penyakit ini.

Penyebab
Diabetes adalah penyakit ketika kadar gula dalam darah kita tinggi banget. Biasanya, pankreas bakal menghasilkan insulin buat menyerap gula yang ada dalam tubuh kita setelah mengonsumsi makanan. Kalau mengidap diabetes, pankreas kita nggak menghasilkan insulin (diabetes tipe 1) atau jumlah insulin yang dihasilkan sedikit sehingga nggak cukup (diabetes tipe 2). Alhasil, banyak gula yang tertimbun dalam tubuh kita deh. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan.

Bahaya
Ada banyak bahaya yang mengancam dari penyakit ini. Salah satu yang paling ringan adalah kondisi tubuh menurun dan cenderung gemetar, berkeringat, selalu lapar, sampai kejang-kejang dan pingsan. Kalau komplikasi berkepanjangan, diabetes bisa bikin serangan jantung, stroke, kebutaan akibat glukoma, penyakit ginjal dan luka yang susah sembuh. Parahnya lagi, penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian lho.

Cegah Sekarang
Selain faktor keturunan, salah satu penyebab utama diabetes adalah pola hidup dan pola makan kita. Makanya, supaya nggak kena diabetes, kita harus melakukan beberapa pencegahan seperti misalnya minum banyak air, nggak terlalu banyak makanan berlemak atau yang digoreng, hindari stres, olahraga teratur, hindari merokok, serta jangan terlalu banyak makan makanan manis. Marissa - Foto: ImageZoo/Corbis/ClickPhotos


polling

Idul Adha

Yang bikin kamu excited di Idul Adha adalah…

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Duh, lagi-lagi dia membatalkan janjinya
Pisces

Pisces

Mulai tergiur dengan fashion item keluaran terbaru, nih! Tapi ingat, bulan ini waktunya untuk berhemat!
Aries

Aries

Hubungan dengan pacar mulai diuji.
Taurus

Taurus

Peduli, boleh. Tapi jangan sampai terlalu dalam mencampuri urusan orang, ya!
Gemini

Gemini

Waktunya menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga.
Cancer

Cancer

Jangan lupa untuk jaga kesehatan.
Leo

Leo

Ingat, sobat akan bosan jika kamu selalu mengeluhkan hal yang sama.
Virgo

Virgo

Untuk me-refresh hubungan dengannya, coba lakukan hal positif yang seru, deh.
Libra

Libra

Oh no! Perlu bantuan orang terdekat untuk membantumu mengatur pengeluaran, nih!
Scorpio

Scorpio

Kesabaranmu selama ini akan membuahkan hasil dalam waktu dekat.
Sagitarius

Sagitarius

Main bareng teman sih, boleh-boleh saja. Tapi jangan sampai pendidikanmu jadi terbengkalai.
Capricorns

Capricorns

Deg-degan. Gebetanmu selama ini ternyata memberikan sinyal yang baik pula.
 
Next >   

More
© 2018 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.