Souvenir Mancanegara

by :
Posted : March 6, 2010
Jalan-jalan ke luar negeri, bukan cuma asyik foto -foto, tapi juga asyik hunting souvenir khas setempat.
 
Ada teman, saudara, atau tetangga yang melancong ke luar negeri? Asyik tuh, kita bisa kecipratan oleh-oleh, hehehe... Pastinya senang banget mendapat souvenir khas dari berbagai daerah. Tapi tahu nggak sih, ternyata di balik beberapa souvenir tersebut, terselip pesan keberuntungan. Nah, mari kita telusuri simbol peruntungan di balik pernak-pernik mancanegara berikut ini.

Maneki Neko: Kucing Ramah dari Jepang
Pulang dari Jepang, paman memberikan pajangan patung berbentuk kucing dengan satu kaki terangkat. Kok, rasanya patung kucing tersebut familiar ya? Yup, memang si Maneki Neko alias patung ”Kucing Pemanggil” banyak ditemukan di area pintu masuk toko-toko milik keturunan Jepang dan Cina sebagai simbol keberuntungan. Fungsinya, untuk ”mengajak” masuk para calon pembeli ke dalam toko.

Menurut legenda, hiduplah seorang tua yang sangat miskin bersama kucingnya di sebuah kuil. Suatu hari, ada seorang saudagar kaya yang berlindung di bawah pohon dekat kuil tersebut karena terjebak badai. Dari kejauhan, sang saudagar melihat si kucing mengangkat tangan, seolah sedang memanggilnya. Saudagar itu pun mengikuti si kucing ke kuil. Ternyata, tak berapa lama pohon tempatnya berlindung tadi tersambar petir dan roboh! Merasa berterima kasih kepada si kucing, saudagar kaya akhirnya menjamin kemakmuran orang tua dan kuil tersebut. Setelah Si kucing mati, sang pemilik membuat patung Maneki Neko untuk mengenang jasanya sebagai pembawa keberuntungan.

Matryoshka: Dari Rusia untuk Kesuburan
Pernah lihat, kan satu set pajangan boneka kayu atau porselen berbentuk perempuan lucu, yang tersedia dalam rangkaian ukuran besar ke kecil? Pajangan yang dikenal dengan nama Matryoshka atau Babushka ini asli berasal dari Rusia. Uniknya, boneka tersebut bisa dimasukkan ke dalam boneka yang lebih besar. Sehingga akhirnya boneka-boneka berbagai ukuran tersebut bisa ditaruh ke dalam satu boneka saja.

Matryoshka pertama kali dibuat pada akhir abad 19. Keunikan bentuknya menjadikan souvenir ini dengan cepat menjadi terkenal hingga ke mancanegara. Boneka Matryoshka biasanya menggambarkan wanita petani dengan pakaian khas Rusia. Nggak heran, soalnya nama Matryoska sendiri berasal dari kata ”Mater” yang artinya ibu. Dengan kata lain, boneka ini merupakan perlambang motherhood yang identik dengan kesuburan. Makanya bonekanya bisa beranak-pinak, tuh, hehehe.... Pada perkembangannya, Matryoshka kini juga menggambarkan tokoh-tokoh politik, termasuk para mantan perdana menteri Rusia. Wah, bentuk kampanye yang unik, ya?

Tapal Kuda Keberuntungan
Mendapatkan hadiah tapal kuda alias sepatunya si kuda? Jangan keburu bingung. Tapal kuda memang lazim menjadi pajangan di rumah-rumah Eropa. Soalnya, tapal berbentuk huruf U ini merupakan simbol keberuntungan.Mitos mengenai tapal kuda ini bermula sejak zaman Romawi Kuno, dimana pandai besi dipercaya memiliki kekuatan dan dipandang sebagai pekerjaan mulia. Selain itu, besi yang menjadi bahan utamanya dianggap memiliki kekuatan ajaib karena merupakan jenis metal terkuat yang tahan terhadap api. Tambahan lagi, sepatu kuda tersebut dilengkapi tujuh paku, dimana angka tujuh merupakan angka keberuntungan. (Tisam)
 

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!