Stephen Hillenburg

by :
Posted : December 30, 2013

Pernah mendengar kisah tentang spons berwarna kuning yang bersahabat dengan seekor bintang laut pink di dasar laut? Yup! Dialah Spongebob Squarepants. Film kartun animasi yang tayang pertama kali di saluran televisi anak-anak Nickelodeon pada 1999 ini, sukses menarik perhatian anak-anak hingga dewasa. Siapa yang meciptakan kararter Spongebob? Dia adalah seorang ahli biologi laut sekaligus animator asal Amerika yang juga seorang penulis dan pengisi suara, Stephen Hillenburg.

Stephen Hillenburg
Stephen McDannell Hillenburg lahir di Lawton, Oklahoma pada 21 Agustus 1961. Setelah lulus dari Savanna High School di Anaheim, Califormnia, Hillenburg melanjutkan pendidikannya di Humbolt State University mengambil bidang Marine Resource Planning dan Interpretation pada 1984. Di akhir tahun 80an, Hillenburg sempat menjadi dosen biologi kelautan selama tiga tahun di Ocean Institute di kota Dana Point, California. Sejak saat itu, Hillenburg mulai menunjukkan ketertarikannya pada animasi dan menulis buku komik berjudul The Intertidal Zone.

Dalam buku ini, Hillenburg ditantang untuk bisa menjelaskan kepada murid-muridnya tentang kehidupan binatang di pasang surut air laut. Salah satu karakter dalam buku ini, ada karakter unik yaitu sebuah spons berbentuk kotak untuk menggambarkan sea sponge. Saat hillenburg menunjukkan karyanya kepada Martin Olson, penulis komedi di Rocko’s Modern Life, Olson menyukainya tersebut dan mengusulkan agar karakter tersebut dibuatkan seri kartunnya.

Pada tahun 1992, Hillenburg memutuskan bergabung dengan California Institute of the Arts (CalArts) untuk memulai karirnya di bidang animasi. Setelah lulus, Hillenburg bertemu dengan Joe Murray, seorang pendiri Rocko’s Modern Life dan menawarkan pekerjaan sebagai director of the series. Hillenburg akhirnya bergabung dan menjadi penulis, produser, dan storyboard artist selama empat musim. SpongeBob mulai tayang sebagai serial televisi sejak 1996, dan menunjuk Tom Kenny menjadi pengisi suara karakter SpongeBob. Awalnya, karakter spons ini diberi nama Spongeboy dan serial-nya diberi nama Spongeboy Ahoy! Serial SpongeBob secara perdana pada 1 Mei 1999 setelah serial ini menghasilkan 356 episode.

The SpongeBob Squarepants Movie
The SpongeBob Squarepants Movie yang rilis pada 19 November 2004 di Amerika Serikat ini menghasilkan keuntungan lebih dari $140.000.000 di seluruh dunia. Film ini diproduseri oleh Stephen Hillenburg sendiri, dan dari situ Ia sempat masuk nominasi Annie Award for Directing in a Feature Production. Awalnya, film ini menjadi akhir dari perjalanan serial SpongeBob, dan saat yang tepat bagi Hillenburg untuk mengundurkan diri. Namun pada Mei 2005, SpongeBob  muncul dengan musim keempatnya. Sejak itu Stephen Hillenburg memutuskan menjadi produser ekskutif serial SpongeBob.

Beberapa penghargaan yang sempat diraihnya yaitu Emmy Award, enam Annie Awards untuk seri SpongeBob Squarpants, Heal the Bay’s Walk the Talk Award atas usahanya mengangkat bidang kelautan lewat SpongeBob Squarpants. Ia juga mendapat penghargaan The Television Animation Award dari The National Catoonists Society. Terakhir, tahun 2002, Ia menerima The Statue Award in Film dari Princess Grace Foundation. Dewianataria-Foto: www.exposay.com


polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!