Sukses Memangku Jabatan Baru

by :
Posted : January 25, 2012

Di tahun ajaran baru, tiba-tiba kita juga dihadapkan sama tanggung jawab baru. Yaitu, dipercaya untuk menjadi pemimpin organisasi sekolah. Entah itu ketua OSIS, ketua ekskul, ketua kelas, atau menjadi penanggung jawab suatu acara. Panik? Pasti. Tapi, ada kok triknya supaya bisa sukses memegang jabatan tersebut. Ini dia!

Kompak dengan Tim
Hal yang paling penting dimiliki seorang ketua organisasi/pemimpin adalah memiliki hubungan yang baik dengan para anggotanya. Jangan ragu untuk menyapa duluan atau mengajak ngobrol, meski mereka berada di bawah kita. Intinya, cobalah untuk mengambil hati para anggota yang lain. Hubungan yang akrab antara kita dan tim akan menghasilkan dukungan yang luar biasa.
 
Demokrasi
Kadang, memangku jabatan baru membuat kita berubah menjadi dominan dan otoriter. Mengingat, kita sekarang punya kekuasaan dan menjadi pembuat keputusan. Supaya tetap kompak, nggak ada salahnya mendengar dulu “suara” dari anggota yang lain. Selain bisa dapat banyak masukan, keputusan yang dibuat pun, bisa lebih adil dan nggak berdasar pada keinginan satu pihak.

Jadi Panutan
Seorang pemimpin akan lebih dihargai kalau bisa menjadi panutan bagi anggotanya. Misalnya dengan, menunjukkan sikap yang baik dan nggak semena-mena, plus ditunjang pula dengan prestasi akademik yang keren.

Jangan Plin-Plan
Sebagai pemimpin, kita harus tegas dalam bertindak. Mulai dari cara kita bersikap sampai pengambilan keputusan. Tegas bukan berarti galak atau menjadi diktator, lho. Tapi jadilah pemimpin yang tahu jelas apa tujuannya dan berani mengambil langkah.

Akrab Sama Guru
Guru berperan penting sebagai pembimbing dalam organisasi apapun yang kita pimpin. Makanya, hubungan baik dengan guru itu penting banget untuk dijalin. Ajak beliau ngobrol soal rencana kita dan jangan sungkan untuk meminta masukan saat kita menemui kesulitan. Komunikasi yang baik dengan guru, pastinya akan membuat proyek kita semakin lancar. Mauito – Foto: Istimewa.


Klik juga yang ini:



polling

Sukses Memangku Jabatan Baru

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!