Tepat Minum Obat

by :
Posted : March 25, 2010

Sakit nggak akan sembuh kalau nggak diobati kan? Tapi minum obat juga ada aturannya. Nah, aturan itu dibuat supaya kerja obat dalam tubuh kita bisa maksimal. Yuk kita cek, sudah benar atau belum cara minum obat kita.
  • Cek Label
Baca baik-baik label obatnya, terutama kalau kita membeli obat bebas yang nggak memerlukan resep dokter.  Lihat tanggal kadaluarsa dan perhatikan isi obat tersebut. Yang paling penting juga, jangan sampai obat tersebut mengandung zat yang bisa memicu alergi buat kita. 

  • Dosis Pas
Minum obat sesuai dosis yang dianjurkan.  Soalnya, menurut Patrick J. McDonnel, dosen di Temple University of Pharmacy di Philadelphia, sebagian besar obat memiliki efek samping yang nggak bagus kalau diminum berlebihan. Jadi, kalau dosisnya satu tablet,  jangan ditambah jadi dua atau tiga, ya.
  • Tepat Waktu
Setiap obat diminum dengan waktu yang berbeda-beda. Ada yang satu kali sehari, ada juga yang tiga kali sehari. Kalau kita harus minum obat tiga kali sehari, berarti menghitungnya adalah 24 jam dibagi tiga. Itu berarti kita harus minum obat tersebut setiap 8 jam. Jeda waktu ini dimaksudkan untuk memberikan waktu yang cukup lama untuk obat itu bekerja di tubuh sebelum dibuang lagi melalui keringat, urin, atau feces.
  • Sesudah atau Sebelum Makan?
  Sebagian besar obat memang paling baik diminum sesudah makan. Soalnya, pada saat itu lambung kita sudah selesai menyerap makanan sehingga proses penyerapan obat pun nggak terganggu. Tapi, ada beberapa obat yang memang lebih baik dikonsumsi sebelum makan. Jadi, sebaiknya kita mengikuti saja petunjuk dari dokter.
  • Habiskan Antibiotik
Resep antibiotik dari dokter harus dihabiskan meskipun kita merasa sudah membaik. Soalnya, dokter sudah memberi takaran obat untuk waktu tertentu sehingga kuman penyakit tersebut akan mati. Kalau obat nggak dihabiskan, kita membuka peluang buat si kuman penyakit balik lagi ke tubuh kita karena nggak ditumpas sampai habis.
  • Air Putih Saja
Obat memang paling baik diminum dengan air putih. Minum obat dengan teh bisa menghambat penyerapan obat dalam tubuh. Sedangkan kalau diminum dengan susu, bisa menimbulkan reaksi tertentu yang juga bikin khasiat obat jadi hilang.
  • Jangan Dicampur
 Jangan mencampur obat yang satu dengan yang lain. Soalnya, kita nggak tahu efek yang mungkin ditimbulkan dari kedua obat tersebut. Untuk menghindari kesalahan, lebih baik bertanya ke dokter atau apoteker.

polling

Tepat Minum Obat

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!