Tradisi Imlek

by :
Posted : January 17, 2012

Etnis Thionghoa memiliki perayaan unik yang disebut Tahun Baru Imlek atau Sin Tjia setiap tahunnya. Meskipun tak semua merayakan, tapi pada bulan jatuhnya Imlek, pasti terasa banget kekentalan nuansanya, terutama saat berkunjung ke tempat-tempat hiburan. Nggak cuma perayaannya saja yang meriah, tradisi penting ini juga memiliki banyak makna, lho. Berikut ini di antaranya. 

Bersih-Bersih Rumah
Tepat sehari sebelum perayaan, pasti ada tradisi yang namanya menyapu rumah. Kebiasaan ini dilakukan sebagai simbol membuang kesialan dan membuka ruang keberuntungan. Sedangkan tepat di hari perayaan, pantang banget untuk menyapu rumah. Soalnya menurut kepercayaan, hal itu akan membuang keberuntungan di tahun itu.

Wajib Merah
Saat Imlek, mulai dari pakaian, dekorasi dan angpao pasti tak lepas dari nuansa merah. Menurut kebudayaan Thionghoa, merah melambangkan sesuatu yang kuat, sejahtera dan membawa hoki. Makanya, Imlek identik dengan merah karena ingin menyimbolkan semangat dan nasib baik.

Bagi-bagi Angpao
Makna bagi-bagi angpao adalah transfer kesejahteraan dan energi. Jadi seseorang yang sudah berkeluarga harus memberikan rezeki tersebut ke anak-anak dan orang tuanya. Begitu pula orang yang mampu harus mentransfer rezeki ke yang orang tidak mampu. 

Pagelaran Liong dan Barongsai
Pagelaran ini wajib ada setiap perayaan imlek. Soalnya, dalam kepercayaan orang Cina, Liong (naga) dan Barongsai merupakan lambang kebahagiaan dan kesenangan. Tarian naga dan singa ini dipercaya merupakan pertunjukan yang dapat membawa keberuntungan.

Hidangan Keberuntungan
Makanan bertemakan keberuntungan pasti ada dalam perayaan imlek. Setiap makanan pun memiliki simbol tertentu, misalnya hidangan ayam utuh yang melambangkan keutuhan keluarga, mie panjang yang melambangkan umur panjang (cara memakannya tidak boleh dipotong), hidangan kerang melambangkan kekayaan (karena bentuknya mirip koin dan menghasilkan mutiara). Mauito – Foto: Istimewa


Klik juga yang ini:



polling

Tradisi Imlek

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!