Agar Puasa Tidak Lemas, Baca Dulu 5 Tips Sahur Mudah dan Simpel Ini

by : Theyta van Broekema
Posted : May 16, 2018
Bulan puasa bukanlah halangan untuk beraktivitas seperti hari-hari biasa pada umumnya. Untuk memulai puasa, GADIS mempersiapkan tips ampuh agar puasamu ini berjalan dengan lancar tanpa lemas dan lesu. Mau tahu apa saja rahasianya? Yuk, simak beberapa tips yang dijamin ampuh membuat kamu tetap bertenaga saat puasa nanti.
 
1. Kurangi Kadar Garam

Makanan yang mengandung kadar garam tinggi, akan membuatmu cepat lapar dan gampang dehidrasi. Usahakan jangan terlalu banyak menggunakan garam pada menu sahur kamu nanti. Pada fase dehidrasi, kamu akan kehilangan fokus, merasa lemas, dan bahkan bisa merasa bahwa puasa yang kamu jalani ini begitu lama.
 
2. Perbanyak Makanan Berserat

Saat sahur, makanan yang harus banget kita konsumsi selain karbohidrat adalah makanan berserat. Serat alami biasanya terdapat di gandum, beras merah, dan juga kacang-kacangan. Serat pada makanan ini mampu mengikat dan mengunci air serta dapat membuat efek lebih kenyang berkepanjangan, karena partikel dari serat yang lebih cenderung lama dikonsumsi oleh tubuh.
 
3. Konsumsi Lemak Nabati

Eittss, jangan negative thinking dulu sama lemak yang satu ini. Lemak nabati tidak membuat tubuh menjadi gemuk kok, melainkan sebagai sumber energi dan mendukung pelepasan energi, agar makanan yang kamu konsumsi saat sahur dapat diproses secara lebih optimal oleh tubuh kita. Lemak nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan, buah alpukat, minyak ikan, sampai ikan laut.
 
4. Minum Jus Buah Segar atau Buah Potong

Guna memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tanpa meminum suplemen, kamu bisa menambahkan jus buah atau buah potong untuk menu sahur kamu. Menu ini, selain mengandung vitamin dan antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas, juga mengandung mineral dan serat yang baik untuk organ pencernaan kamu
 
5. Minum Air yang Cukup

Kita disarankan untuk minum setidaknya empat gelas air putih saat sahur, agar dapat menjaga metabolisme pencernaan dan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi di waktu puasa nanti. Meskipun waktu makan kita berbeda saat puasa, kita tetap diharuskan untuk minum, setidaknya dua liter air putih dalam sehari.
 
Sudah siapkah kamu untuk menjalani puasa besok?
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok. Hello Sehat
 
Baca Juga:

Topic

#HidupSehat

polling

Waktu berolahraga

Kapan biasanya kamu berolahraga?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Duh, lagi-lagi dia membatalkan janjinya
Pisces

Pisces

Mulai tergiur dengan fashion item keluaran terbaru, nih! Tapi ingat, bulan ini waktunya untuk berhemat!
Aries

Aries

Hubungan dengan pacar mulai diuji.
Taurus

Taurus

Peduli, boleh. Tapi jangan sampai terlalu dalam mencampuri urusan orang, ya!
Gemini

Gemini

Waktunya menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga.
Cancer

Cancer

Jangan lupa untuk jaga kesehatan.
Leo

Leo

Ingat, sobat akan bosan jika kamu selalu mengeluhkan hal yang sama.
Virgo

Virgo

Untuk me-refresh hubungan dengannya, coba lakukan hal positif yang seru, deh.
Libra

Libra

Oh no! Perlu bantuan orang terdekat untuk membantumu mengatur pengeluaran, nih!
Scorpio

Scorpio

Kesabaranmu selama ini akan membuahkan hasil dalam waktu dekat.
Sagitarius

Sagitarius

Main bareng teman sih, boleh-boleh saja. Tapi jangan sampai pendidikanmu jadi terbengkalai.
Capricorns

Capricorns

Deg-degan. Gebetanmu selama ini ternyata memberikan sinyal yang baik pula.
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!