Asal Usul Badut Itu…

by : Vinty Sannaly
Posted : October 4, 2016
Beredarnya kasus-kasus teror oleh badut di luar negeri, terutama AS, cukup bikin warga jadi resah. Soalnya, peneror menggunakan kostum badut tersebut di malam hari dan berkeliaran sambil menakuti orang. Padahal, kalau dilihat dari sejarahnya, badut itu bukan sosok menyeramkan, lho.
 
Karakter badut identik dengan orang dengan kostum besar, makeup putih, sepatu yang terlalu besar serta rambut dan baju berwarna-warni. Karena gerakannya, orang sering merasa lucu dengan kehadirannya.
 
Kata clown (badut) pertama kali direkam dan digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1560. Artinya, bodoh. Bukan cuma berfungsi sebagai kata sifat, badut juga dijadikan sebagai nama karakter dalam teater bikinan Shakespeare, yaitu Othello (1603) dan The Winter's Tale (1623).
 
Karakter badut ini juga masuk dalam penggambaran seni lukis Commedia dell'arte asal Italia di awal abad ke-16. Bila melihat tokoh Harlequin yang berkembang di abad 17-an, tokoh ini juga dikategorikan sebagai badut, karena juga terinspirasi dari Commedia dell'arte. Tokoh badut kemudian dimasukkan dalam budaya pantomim di abad 18.
 
Memasuki abad 19, badut ikut masuk ke lingkungan sirkus. Pada masa ini, bentuk badut mengalami banyak perkembangan. Nggak monoton dengan bentuk badut yang hanya berhidung merah, berbadan besar dan ber-makeup putih, karakter badut muncul dengan bentuk karakter The Tramp bikinan Charlie Chaplin, karakter Joker di seri Batman, badut pemabuk di film The Clown (1953) hingga karakter Ronald McDonald dari resto fast food McDonald.
 
Di tahun 1980-an, karakter badut yang lucu berubah menjadi menyeramkan, karena banyak disisipkan dalam cerita dan film horor/thriller. Apalagi sejak novel It (1986) memasukkan tokoh badut seram. Di serial The Simpsons season 4 pada episode Lisa's First Word (1992) pun, tokoh anak kecil Bart mengalami ketakutan pada badut, hingga mengucapkan kata-kata, “Can't sleep, clown'll eat me...”.
 
Film horor lain yang juga menampilkan badut seram adalah Carnival of Souls (1998), The Clown at Midnight (1999), Camp Blood (2000), Killjoy (2000), S.I.C.K. (Serial Insane Clown Killer) (2003), Fear of Clowns (2004), Within the Woods (2005), Coulrophobia (2006), Secrets of the Clown (2007), 100 Tears (2007), Clownstrophobia (2009), The Last Circus (2010), Klown Kamp Massacre (2010), Gingerclown (2012), Stitches (2012), Sloppy the Psychotic (2012), Bongo: Killer Clown (2014) dan Clown (2014).
 
Dengan terus dimasukkan karakter badut seram dalam film, nggak heran banyak dari kita yang punya persepsi nggak baik hingga takut badut. Bahkan, ada jenis fobia terhadap badut yang bernama coulrophobia.
 
Sayangnya, banyak pihak nggak bertanggung jawab yang menggunakan hal ini untuk melakukan aksi teror. Seperti di pertengahan 2016, beberapa kota di AS mengalami ‘clown sightings’. Beberapa orang mengaku melihat penampakan badut seram di area hutan Ohio, New Jersey, Oregon, Kentucky, Tennessee dan South Carolina. Semoga hal ini nggak terulang lagi, ya. Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.pixabay.com
 

polling

Asal Usul Badut Itu…

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!