Berhemat Lewat Kampanye #SayangUangnya

by : Ria Juwita
Posted : January 31, 2017
Duh, kenapa ya, uang jajan dari mama dan papa cepat banget habisnya? Pasti karena kamu sering menggunakannya buat beli hal-hal yang kurang penting, nih. Hati-hati, karena pengeluaran seperti itu ternyata berbahaya, lho! Kayaknya mulai sekarang harus mulai belajar berhemat, deh!
 
Yap, kebiasaan menghabiskan uang di luar kebutuhan primer biasa disebut dengan istilah Latte Factor, yaitu pengeluaran–pengeluaran kecil untuk hal yang sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan, tapi sering kamu lakukan. Contoh kecilnya adalah hang out bareng teman di coffee shop atau belanja online.
 
Menurut psikolog Anjeng Raviando, Latte Factor ini bisa terjadi di generasi millenials (kelahiran di atas tahun 1980) yang dari kecil sudah dimanjakan dengan kecanggihan teknologi dan diikuti dengan tren yang sedang ada. “Kebiasaan ini membuat mereka tidak dapat menahan keinginannya untuk mendapatkan sesuatu secara cepat tanpa piker panjang. Akibatnya, mereka kerap mengeluarkan uang untuk sekadar memuaskan nafsu atau mengikuti tren,” ungkapnya.  
 
Melihat fenomena seperti itu, PermataBank pun bikin kampanye #SayangUangnya yang mendorong generasi saat ini supaya bisa bertindak lebih hemat, tidak jadi generasi konsumtif dan bisa mengelola keuangan lebih bijaksana . Kampanye ini juga sudah disebarluaskan lewat beberapa program yang ada di beberapa radio Jakarta, lho!
 
Anjeng Raviando juga punya tips-nya nih, supaya berhemat dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu lewat langkah STOP (Stop, Think, Observe, Proceed).
  • Stop: Saat kamu melihat barang yang kamu sukai, jangan langsung membelinya. Coba tarik napas dalam-dalam dan hitung sampai 10.
  • Think: Dengan melakukan tahap pertama, kamu jadi bisa berpikir dengan jernih dan memutuskan, apakah barang tersebut memang kamu butuhkan atau hanya kamu inginkan. Pikirkan baik-baik apakah barang tersebut memang penting untuk kamu beli atau tidak.
  • Observe: Observasi lagi. Kira-kira barang yang kamu beli itu punya fungsi yang sangat signifikan buat kamu atau tidak.
  • Proceed: Pastikan barang tersebut harus kamu beli atau miliki dalam jumlah banyak atau tidak.
Di tahun 2016 lalu, kampanye #SayangUangnya ini ternyata sudah berhasil menginspirasi 34.000 orang dan mendapatkan lebih dari 3.000 tips berhemat. Kamu juga bisa berbagi tips hemat ala kamu di www.sayanguangnya.com. Jadi, sudah siap untuk hidup lebih hemat? Editor: Leoni Sihombing – Foto: Dok. PermataBank
 

polling

Berhemat Lewat Kampanye #SayangUangnya

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.