Cai Lun, Sosok Penemu Kertas

by : Christine Natalia
Posted : January 10, 2016
Apa jadinya kalau kertas nggak pernah ditemukan? Meskipun terlihat sepele, penemuan ini sangat berarti, lho. Sebenarnya siapa sih, orang yang menemukan kertas?
 
Seorang berkebangsaan Tionghoa bernama Cai Lun (Ts’ai Lun) adalah tokoh di balik penemuan kertas yang kita pakai sampai saat ini. Cai Lun lahir pada masa Dinasti Han pada abad pertama Masehi di daerah Guiyang. Kini, daerah tersebut disebut Provinsi Hunan.
 
Cai Lun adalah seorang pegawai di pengadilan kekaisaran. Dengan profesi tersebut, ia sering menulis. Namun pada masa itu, tulisan dibuat di atas kulit hewan ataupun tumbuh-tumbuhan. Orang Tionghoa juga menggunakan perkamen sutra atau bambu untuk menulis. Karena sering menulis, Cai Lun mulai merasa kerepotan. Ia menganggap bahan tersebut cukup berat.
 
Cai Lun pun mencari ide untuk membuat sesuatu yang bisa dijadikan alas menulis namun nggak berat. Ia mencoba dengan kulit kayu murbei yang direndam di dalam air dan dipukul sampai seratnya terlepas. Selain merendam kulit kayu, Cai Lun juga mengolah bahan rami, kain bekas dan jala ikan dengan merendamnya di air. Ketika bahan-bahan tersebut melembek dan menjadi bubur, ia menekan bahan tersebut ke sebuah cetakan dan menjemurnya di bawah matahari. Ketika kering, bahan tersebut menjadi lapisan-lapisan tipis yang kita kenal dengan sebutan kertas.
 
Pada tahun 105 Masehi, Cai Lun membawa penemuan ini kepada Kaisar Dinasti Han. Kaisar Han Heidi pun kagum dan menghargai penemuan Cai Lun, lalu menghadiahkan gelar bangsawan kepadanya. Mulai saat itu, penemuan kertas oleh Cai Lun pun banyak digunakan oleh Dinasti Han dan menyebar ke seluruh dunia.
 
Sayangnya, nggak banyak informasi yang tercatat oleh sejarah mengenai Cai Lun. Ia diduga meninggal dengan cara bunuh diri. Ia meminum racun saat diketahui terlibat dalam komplotan anti istana yang membuat Cai Lun diusir dari kerajaan. Editor: Dian Nurlizta - Foto: www.antiquereader.com

polling

Cai Lun, Sosok Penemu Kertas

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!