Cara Mengatasi Penyebaran Berita Hoax

by : Christine Natalia
Posted : February 24, 2017
Dengan kemajuan dan keberagaman media sosial, berita semakin gampang tersebar. Termasuk berita yang nggak terbukti kebenarannya. Apalagi berita yang berkaitan dengan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA). Pasti langsung cepat menyebar dan menyulut emosi.
 
Misalnya, istilah Indochina yang ditemukan di papan informasi di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. Sedangkan nama Indonesia, nggak ada. Netizen pun langsung berkomentar negatif dan mengira bahwa nama Indonesia digantikan dengan Indochina. Padahal, Indochina adalah istilah untuk semenanjung Indochina, wilayah di Asia Tenggara yang berada di sebelah timur India dan selatan Tiongkok. Negara yang termasuk dalam Indochina adalah Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Malaysia. Duh, nggak tahu informasi yang benar, tapi langsung disebarkan. Nah, ini cara yang tepat untuk mengatasi penyebaran berita hoax.
 
1. Jangan Main Upload
Biasanya, kalau kita melihat sesuatu yang janggal, penginnya langsung di-upload di media sosial. Soalnya, kita bisa langsung mendapat banyak respon dari para netizen media sosial lainnya. Dengan harapan, komentar mereka bisa menjawab kebingungan kita. Hm.. Tapi kita harus hati-hati. Suatu berita sangat mudah mendadak jadi viral. Kalau kita sendiri nggak yakin dengan apa yang pengin kita upload, sebaiknya urungkan niat untuk mem-posting-nya di media sosial.
 
2. Cari Informasi Dulu
Daripada buru-buru upload ke media sosial dan bikin kehebohan, lebih baik kalau kita menemukan informasi yang janggal, cek di internet. Kita cukup browsing dan akan menemukan berbagai pilihan informasi untuk menjawab rasa penasaran kita tersebut. Misalnya, kasus Indochina tersebut. Daripada posting di media sosial, mending langsung browsing dan cari tahu kenapa ada istilah Indochina. Begitu juga kalau kita mendapat kabar yang kebenarannya masih diragukan, lebih baik cari tahu dulu informasi sebenarnya.
 
3. Tahan Diri untuk Komentar dan Share
Salah satu fitur unggulan media sosial adalah kita dapat dengan cepat berkomentar dan menyebarluaskan suatu informasi. Nah, kalau melihat isu yang berkaitan dengan SARA ataupun berita-berita yang memicu kontroversi, jangan ikut berkomentar negatif. Tahan diri dan jempol kita untuk nggak langsung klik share. Kita nggak perlu ikut menyebarkan berita yang negatif, apalagi berita yang mengandung rasa benci. Psst, menyebarkan berita hoax bisa membuat kita terjerat hukum, lho!
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: www.sleuthsayers.org
 

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!