Edmund Hillary: Pendaki Everest Pertama

by : Dian Nurlizta
Posted : October 13, 2015
Sudah nonton film Everest (2015)? Film berdasarkan kisah nyata Everest Disaster tahun 1996 ini menyebutkan sebuah titik pendakian di Gunung Everest bernama Hillary Step. Ternyata, tempat ini dinamakan berdasarkan pendaki pertamanya, Edmund Hillary.
 
Kelahiran Auckland, New Zealand, 20 Juli 1919 ini menghabiskan masa kecilnya di sebuah kota kecil bernama Tuakau. Pria bernama lengkap Edmund Percival Hillary ini dikenal sebagai remaja kutu buku yang pemalu. Ia bahkan lebih sering ditemukan belajar serius ketimbang bergaul dengan teman-temannya. Namun, Hillary akhirnya menemukan kecintaan pada salju dan pendakian ketika mengikuti school trip ke Gunung Ruapehu di Taman Nasional Tongariro, New Zealand.
 
Ia mengawali petualangannya dengan mendaki Gunung Ollivier, New Zealand pada tahun 1939. Hillary bahkan menyiapkan fisiknya dengan bergabung ke outdoor club kampusnya, University of Auckland New Zealand. Pada 1948, Hillary berkesempatan mendaki gunung tertinggi di New Zealand, Mount Cook.
 
Pengalaman tersebut membawa Hillary bergabung dengan ekspedisi Everest yang dilakukan Inggris pada 1951 dan berakhir kegagalan. Dipimpin John Hunt, ia bergabung kembali dengan ekspedisi selanjutnya tahun 1953. Rombongan ini berhasil mencapai pos di South Col, pos terakhir menuju Everest. Sayangnya, sebagian besar pendaki dalam rombongan kelelahan dan kehabisan oksigen, sehingga tak bisa melanjutkan pendakian. Hanya Hillary dan guide-nya, Tenzing Norgay yang mampu melanjutkan perjalanan. Pada 29 Mei 1953, keduanya berhasil mencapai puncak Everest dan menjadi pendaki pertama yang menginjakkan kakinya di sana. Prestasi membanggakan ini mengantarkan Hillary untuk mendapat gelar kehormatan “Sir” dari Ratu Elizabeth II.
 
Usai peristiwa bersejarah tersebut, Hillary tetap disibukkan dengan pendakian ke berbagai puncak gunung lain di seluruh dunia. Disamping itu, ia mendirikan Himalayan Trust, sebuah foundation yang membantu membangun sekolah, rumah sakit dan jalur transportasi di Nepal. Meski sudah terkenal, Hillary tetap dikenal sebagai pria yang rendah hati oleh publik. Atas jasa-jasanya, Hillary dipilih sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia pada abad ke-20 versi majalah TIME. Sir Edmund Hillary tutup usia pada 11 Januari 2008, karena serangan jantung. Peristiwa ini menjadi duka nasional sehingga New Zealand menaikkan bendera setengah tiang. Editor: Fransiska Soraya – Foto: www.inalto.org
 

polling

National Pancake Day! (27 Februari)

Apa topping favoritmu saat makan pancake?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GAUL