Ini Dia Perbedaan Antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi!

by : Novika Dyah P.
Posted : April 28, 2017
Masih banyak orang yang mengira kalau jenjang pendidikan tinggi itu sama. Padahal perguruan tinggi itu banyak jenisnya, lho. Buat kamu yang mau lanjut kuliah, ayo coba cari tahu jenis-jenis perguruan tinggi di sini.

Sebelum membahas jenis-jenis perguruan tinggi, kita harus tahu dulu jenis kelompok pendidikan tinggi. Di Indonesia, pendidikan tinggi dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Bedanya, pendidikan akademik akan lebih fokus pada penguasaan ilmu pengetahuan untuk para lulusannya. Sedangkan pendidikan vokasi lebih mempersiapkan agar lulusan bisa mengaplikasikan keahliannya.

Nah, sekarang kita bisa langsung membahas jenis-jenis perguruan tinggi, yaitu:

1. Universitas
?Universitas adalah jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas merupakan perguruan tinggi dengan rumpun ilmu yang paling luas. Dengan kata lain, hampir semua jenis ilmu pengetahuan ada di universitas

2. Institut
Institut merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan sejumlah rumpun ilmu pengetahuan atau teknologi tertentu. Bisa dibilang rumpun ilmu yang di institut lebih terbatas dibanding universitas. Contohnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), di mana semua rumpun ilmu di ITB akan fokus pada unsur teknik dan teknologi. 

3. Sekolah Tinggi
Beda dengan universitas dan institut, sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan di satu rumpun ilmu pengetahuan atau teknologi tertentu. Misalnya, STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan), STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran), STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) dan lainnya.
 
4. Politeknik
Kalau yang lainnya adalah perguruan tinggi dalam bidang akademik, politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, politeknik akan fokus agar lulusan bisa mempraktikkan keahliannya.

5. Akademi
Jika politeknik adalah pendidikan vokasi yang cakupannya luas, maka akademi adalah perguruan tinggi dalam pendidikan vokasi yang hanya menjalankan program pendidikan pada satu atau beberapa cabang bidang ilmu. Beberapa contoh akademi misalnya, akademi kebidanan, akademi keperawatan, atau akademi kepolisian.
Editor: Ria Juwita Foto: www.theodysseyonline.com

Baca juga:

Topic

#trivia , #SchoolLife

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!