Ladislao José Biro, Penemu Bolpoin

by : Vinty Sannaly
Posted : September 29, 2016
Setelah  Takizo Iwasaki dan Jean Batten, kini giliran Ladislao José Biro yang masuk dalam Google Doodle. Siapa dia? Dan, apa kontribusinya terhadap kita?
 
Ternyata, ada hubungan antara Ladislao José Biro dengan dimasukkannya doodle berupa animasi cara kerja bolpoin di Google Doodle. Soalnya, Ladislao José Biro-lah penemu bolpoin tersebut.
 
Pada tahun 1930-an, Ladislao José Biro bekerja sebagai wartawan di Budapest, Hungaria. Ia merasa frustasi dengan pena yang ada di zaman itu. Soalnya, pena zaman itu terbuat dari bulu angsa. Cara penggunaannya, ujung pena yang tajam dicelupkan ke tinta basah, lalu dituliskan ke kertas. Masalahnya, penggunaan pena jenis ini sering merepotkan karena tinta basah tersebut gampang tumpah ke atas kertas.
 
Lalu, melihat tinta yang digunakan di percetakan koran yang bisa mengering dalam waktu cepat dan mempunyai roller, Ladislao José Biro pun terinspirasi untuk bikin pena yang seperti itu. “It got me thinking how this process could be simplified right down to the level of an ordinary pen,” kata Ladislao José Biro.
 
Ia pun mengajak saudaranya, ahli kimia Gyorgy Biro, untuk bikin pena jenis baru yang memiliki bola kecil di bagian ujungnya. Bola tersebut bisa berputar untuk mengambil tinta dari penampungnya. Lalu, tinta tersebut akan membasahi bola yang berputar sehingga tinta bisa melekat di kertas. Pena jenis baru ini akhirnya dipatenkan pada 15 Juli 1938, dengan nama Biro, seperti nama keluarga dari dua kakak-beradik ini.
 
Bahkan, hingga kini, masyarakat di Inggris, Irlandia, Australia dan Italia masih menyebutnya dengan nama Biro. Hanya saja, masyarakat Amerika menyebutnya dengan nama ballpoint, atau yang kita ucapkan sebagai bolpoin.
 
Meski sederhana, penemuan ini membawa dampak yang besar pada dunia. Bahkan, Wall Street Journal menyebutnya sebagai “A simple but remarkable invention.” Kalau nggak ada Ladislao José Biro, tentu kita nggak mungkin menggunakan bolpoin semudah sekarang. Editor: Legita - Foto: www.mirror.co.uk, Dok. Google
 

polling

Ladislao José Biro, Penemu Bolpoin

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!