Larangan Menggunakan Kantong Plastik di Jakarta Akhirnya Disahkan!

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : January 9, 2020
Kabar gembira bagi para warga Jakarta! Ditengah meluasnya gaya hidup zero waste, kini Jakarta akan segera meresmikan larangan penggunaan kantong plastik di beberapa tempat, lho! Wah, semoga hal ini bisa menjadi awal bagi Indonesia yang lebih peduli terhadap lingkungan dan kelangsungan Bumi, ya! 
 
Telah ditandatangani pada 27 Desember 2019 lalu oleh Gubernur DKI JakartaAnies BaswedanPeraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta No. 142 Tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat akan segera diberlakukan pada bulan Juli tahun ini.
 
Pergub yang telah diumumkan pada 31 Desember 2019 ini sendiri diharapkan dapat menjadi strategi dalam mengurangi jumlah sampah plastik sekali pakai yang membawa dampak buruk bagi lingkungan.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI JakartaAndono Warih, yang telah membenarkan kabar tersebut, pun mengaku akan memberikan sanksi kepada para pelanggar Pergub
 
“Kalau di pusat perbelanjaan,yang kena sanksi adalah pengelola mal. Begitu pula di pasar. Yang terkena sanksi adalah PD Pasar Jaya. Sedangkan di toko swalayan yang tidak dalam mal, yang terkena adalah penanggung jawab toko swalayan tersebut.
 
Selain itu, kewajiban (pengelola) untuk melakukan sosialisasi kepada tenant maupun pengunjung di lokasi malnya,” jelasnya.
 
Meski begitu, Pergub yang telah diumumkan tersebut masih mengizinkan pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat dalam menyediakan plastik kemasan sekali pakai untuk beberapa bahan pangan yang tidak memiliki bungkusan apapun, seperti daging atau sayuran.
 
WellPergub ini juga sepatutnya tidak hanya menjadi peringatan bagi para pengelola tempat-tempat yang telah disebutkan, tetapi juga menjadi gerakan yang menyadarkan para warga Jakarta untuk mulai beralih ke pemakaian tote bag atau reusable bag saat mau berbelanja atau membawa barang. 
 
Dengan itu, seluruh elemen masyarakat yang ada di Jakarta bisa jadi lebih ramah lingkungan, deh! 
 
Bagi kamu yang tinggal di luar Jakarta, kamu bisa banget, lho, mengaplikasikan gaya hidup ini di daerahmu sendiri. Siapa tahu, aksimu dalam mengurangi sampah plastik sekali pakai akan membawa perubahan besar bagi kota-kota lainnya di Indonesia!
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Instagram @iddkpwww.plasticstoday.com
 
Baca juga:

Topic

#CintaBumi

polling

Larangan Menggunakan Kantong Plastik di Jakarta Akhirnya Disahkan!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!